3 Saran Penting Sebelum Anda Memutuskan Memulai Nge-Blog

Maret 23, 2017

MASYISAda 3 hal yang perlu di pertimbangkan sebelum anda memutuskan menjadi seorang blogger atau webmaster. Setidaknya anda akan memikirkan hal ini. Menurut saya pribadi 3 hal ini penting untuk di bahas sebelum anda melangkah terjun dan menekuni dunia blogger. Poin yang saya sampaikan dalam kategori dasar, dengan harapan semoga bisa untuk membuat kemantapan jiwa anda.

1. Niat

“Kenapa harus niat ?”

“Apa perlu niat untuk menjadi seorang Blogger?”

“Bukannya Blogger itu Sepele?”

Niat sangat penting sekali di bangun untuk memulai karir anda dimanapun tidak terkecuali dalam dunia blogger, karena saya yakin niat itu akan membawa anda kemana jalan dan se-sampai mana jauh anda menjalani atau menekuni-nya. 

Mari pikirkan, Jika kita bermain blog hanya untuk mencari uang cepat atau sensasi yang buruk lainnya ( buat berita hoak, layanan judi, film blue) resikonya, “lalu bagimana jika anda tidak mencapai target uang itu, siapa yang di salahkan dan bagimana dampaknya?”. Pertama pasti kita merasa frustasi dan mental down. Artinya kita  disini akan menyerah dan sulit untuk membangun lagi “dengan alasan susah, ga ada duwit, males mikir dan dalih-dalih lainya’  (sungguh buruk jika keadaan ini terjadi). Niat yang seperti ini kita harus urungkan atau bisa dibilang “tidak usah nge-blog” dari pada anda membuang banyak waktu,moral dan kerugian material seperti uang, laptop dan yang paling penting terutama tentang mental dan perasaan yang perlu di jaga.

- Lalu bagimana niat yang di harapkan ?

Niat yang di harapkan sederhana saja, contoh “saya niat membuat  blog  karena saya suka menulis dan syukur bisa memberi manfaat kepada orang lain dari karya apa yang saya tulis tersebut, syukur lagi mendapatkan uang tambahan dari blog yang saya kelola”. Nah disitu ada dua hal penting dari kata tersebut yang pertama niat yang jelas, yang kedua niat memberi manfaat kepada orang lain ada hadisnya juga “khairunnnas anfa’ahum linnas” al hadis, yang artinya sebaik-sabaiknya diantara kamu yaitu yang memberi manfaat kepada orang lain. adapun kata pendapatan hanya sebagai motivasi tambahan bukan yang utama “untuk pemula jangan tergiur uang dari blog”. 

Tips dari saya, buatlah niat semantap mungkin dengan keyakinan jiwa dan keteguhan hati dengan harapan perjalanan akan panjang sehingga kemanfaatan pun akan mengikuti. Dari niat yang saya paparkan sedikit saja yang penting kita paham kemana arah yang kita akan tuju.

2. Dukungan moral, material dan waktu

-Pertanyaannya adalah siapa yang membuat anda semangat nge-blogg dan terus mau belajar?

-Apakah kamu konsisten ?

Dukungan moral adalah dukungan yang lebih bersifat rohani maupun dukungan yang berupa etos kerja seperti bergairah, disiplin, dan bersemangat. Dukungan moral bisa berwujud dari orang lain dan diri sendiri. Dukungan dari diri sendiri seperti sikap disiplin dan komitmen kepada blog kita sendiri sangat dibutuhkan. Sehingga setidaknya kita mem-publish tulisan kita sehari sekali, seminggu sekali, kalau tidak ada waktu karena terlalu sibuk bisa dua minggu sekali akan tetapi kalau 1 bulan sekali saya kira itu terlalu ngawur.

adapun dukungan moral dari orang lain, entah itu dukungan orang lain seperti kekasih, teman, orang tua dan para tetangga blogger. Setidaknya teman dekat yang tahu blog-kita berkata “tuliasanmu bagus” dan para tetangga blogger berkomentar di blog kita. biasanya dukungan moral akan berjalan sendiri setelah anda memantapkan niat walaupun anda belum merasakan langsung dukungan dari mereka

sedang dukungan material,  seperti mempunyai uang untuk membeli kuota, laptop, computer, bahkan handphone smartphone bisa juga menjadi fasilitas untuk menghantarkan kita tidak berhenti menulis dan menge-post. Kuota untuk membuka halaman blog, Saya kira hanya berapa kilobite per-detik tidak terlalu banyak dan mahal seperti untuk upload video.

Untuk masalah waktu kita bisa menggunakan setidaknya 1 atau 2 jam untuk membuat artikel di kertas atau mengetik langsung, kita bisa merancang ide terlebih dulu dan mulai membuat kerangka batang tubuh ide pokok pikiran. Dari konsep waktu yang terpenting adalah kita bisa membagi waktu untuk memikirkan blog yang di kelola.  Kapan kita menulis dan menge-poskan tulisan kita.

3. Tingkat persaingan Pagerank yang tinggi  dan sulitnya mencari tema

Sebenarnya kita perlu memikirkan persaingan ini, karena di Negara Indonesia terkenal publisher-nya dari pada pemakai website-nya.  Jadi tingkat persaingan di sini cukup tinggi seperti bersaing dengan media cetak dan media seperti Kompas, Tvone, Net TV belum lagi Team Copas kesemuaanya itu membuat kita sulit dalam menaikan page rank dan menentukan tema (niche) "Solusinya Cari aja Tema dari kesukaaan atau hobi anda". Jadi setidaknya kita harus mempunyai kualitas artikel yang bagus untuk menarik pengunjung dan di belajar ilmu SEO untuk menaikan Pagerank kita dari halaman belakang sampai kedepan.


Sekian 3 hal yang perlu di pertimbangkan sebelum anda memutuskan menjadi seorang blogger atau webmaster. Dari poin diatas menurut saya yang terpenting adalah Niat dan semangat untuk nge-blog walaupun persaingan sengit akan tetapi disini perjuangan seorang blogger untuk memberi manfaat kepada orang lain yang membutuhkan tulisan kita. salam semoga bermanfaat masyis


Artikel Terkait

Previous
Next Post »