6 Tips Mudah Menulis di Internet Yang Menarik

Maret 22, 2017

Menulis di internet  tidak sama dengan menulis buku. Walaupun di internet sudah banyak ribuan artikel dan e-book (buku elektronik) .
Setelah anda memiliki benang merah ide, prinsip bloger. dan memutuskan blogspot, wordpres ataupun  membeli sebuah website (jasahosting dan domain). Selanjutnya yaitu menulis di internet, sebenarnya hal ini berkaitan dengan kualitas artikel yang ingin anda sajikan dan akhirnya pengunjung yang menilai.  

Menulis di internet memiliki karakteristik sendiri sehingga menarik untuk di baca bahkan disharing-kan. Maka menulis di internet atau blog ataupun Website memerlukan jurus tersendiri untuk memikat para pembaca. Secara pribadi seorang webmaster atau blogger mempunyai jurus-jurus tersendiri untuk memikat para pengunjung dan dirahasiakan. Akan tetapi secara garis besar bisa di simpulkan dalam beberapa poin. di bawah ini beberapa jurus yang telah di rangkum

Berikut 6 tips cara menulis di internet yang perlu di perhatikan dalam menulis di internet :

1. Letakan Judul Yang memikat Hati pembaca :

Judul dengan Nomor seperti “ 5 Jurus Menulis Di Internet”, “5 Tips Blogger Sukses”, “3 Tips Ampuh Melariskan Penjualan Online”, 6 Tahap Pembuatan Website Sukses”, dan lain-lain. Dengan kualitas artikel yang anda ringkas dan sajikan maka setidaknya ide-ide yang anda sajikan mudah di realisasikan atau work. Sebaiknya judul yang anda tuliskan,  anda pernah menjalankan atau mengalaminya. Atau informasi yang anda dapatkan akurat “seperti hasil wawancara, seminar dan lain-lain. jangan terlalu banyak teori tapi solusinya nol apalagi kabar hoak yang disajikan.

Menurut saya pribadi judul yang depannya nomor lebih banyak di sukai oleh para pengunjung. Alsannya jelas terlihat simple dan menarik untuk di baca. Tapi kualitas artikel disini harus benar-benar diperhatikan jangan-jangan tips  sudah lampau, tidak update bahkan tidak work (berjalan sesuai harapan) masih di pulishkan. 
Adapun kata-kata yang mengagetkan seperti “wow”, “Rupanya”, ataupun yang bikin heboh efek yang di hasilakan secara tidak langsung malah membuat seseorang akan cenderung malas untuk membaca kerena terlalu terkesan aneh di dalam hatinya. Kecuali orang yang dipekerjakan husus di berita hoak seperti kasus di akhir tahun 2016” berita hoak mengancam persatuan Negara”.

2. Gunakan ‘bullet’ dan ‘numbering’ untuk isi yang anda anggap penting.

Kerena ada sebagian besar orang yang begitu sibuk atau kurang doyan baca sehingga sulit menyempatkan waktu untuk membaca artikel yang panjang di internet. Biasanya ini digunkan untuk 
tutorial-tutorial segala macam “agar lebih mudah cepat dipahami dan di ikuti.

3. Sebaiknya di perbanyak ‘white space' atau ruang antara tulisan.

Alinea yang kita susun usahakan hanya terdiri atas beberapa baris kalimat saja dan berikan ruang kosong yang tegas antara alinea. Ini harus dilakukan karena pembaca akan cepat lelah saat membaca bacaan yang terlalu panjang atau tanpa ‘Break’.

4. Pastikan artikel anda ringkas dan ‘straight to the point

Artikel yang panjang di internet agak kurang di sukai. Kalau memang terlalu panjang tips-nya adalah artikel tersebut kita segmentasikan ke dalam beberapa artikel pendek. Kecuali hal lain yang mengaharuskan  seperti makalah, Hasil riset, sejarah dan lain-lain dan kecuali orang yang ingin mendaftarka blognya untuk Geogle Adsense sebaiknya menggunakan kata 700-1000 kata harus uniqe dan tidak copas. Seperti blog saya ini “hehe” semoga di terima di geogle adsense.  amin

5. Tulislah hal-hal yang memang bermanfaat bagi pembaca (viewer).

Tentunya setiap pengunjung yang dating pasti menginginkan sesuatu dari kita. Apabila isi tulisan kita memang bermanfaat maka pengunjung blog atau website kita tentunya akan berkurang rasa kebosanannya, setidaknya mendapat pencerahan karena tips atau artikel yang kita berikan, pengunjung akan mendapatkan gagasan-gagasan baru dalam pikirannya.

6. Berikan gambar-gambar yang menarik untuk di tampilan di tulisan.

Karena pengunjung saat di search engine terkadang tidak selalu menuliskan kata kunci  tetapi mencari gambar bahkan video di youtube, karena untuk mengurangi rasa kebosanan pengunjung.

Mungkin masih ada lagi dari 6 tips menulis di internet selain di atas. Seperti jangan menambahkan bacaan lain di tengah bacaan dengan mengalihkan link ke bacaan lainnya. Jujur lagi focus-fokunya baca malah disuruh  baca ini dulu gan dan itu, memang benar menambahkan pengunjung pada web anda agar tetap disitus anda. Tapi masa iya harus menggangu situasi focus pengunjung sedang saat membaca arikel yang anda buat sendiri. Jujur kalau pribadi saya sih malah bikin pusing dan mengganggu. 

Sekian tips menulis di internet dari saya. Silahkan kalau ada yang komen dan menambahakan dengan cara rewrite dan buat backlink url ini. jangan lupa share jika tips ini bermanfaat terutama bagi pemula yang ingin menekuni dunia blogger.  Salam Masyis


Artikel Terkait

Previous
Next Post »