Berkenalan Dangan Jasa Webhosting

Maret 14, 2017
Webhosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan atau organisasi menampilkan layanan atau jasa atau produk di situs internet.


Pada dasarnya blog atau situs web merupakan kumpulan data dan file berupa halaman, gambar dan lain-lain . file yang diblog perlu diletakan  di sebuah tempat yang memiliki koneksi ke internet agar blog tersebut dapat di akses oleh para pengguna internet. Contoh penyedia jasa webhosting yang popular adalah jagoanhosting, hostinger . di Indonesia sudah banyak jasa webhosting dengan beragam penawaran fasilitas dan layanan. Atau webhosting gratis dari blogspot atau wordpress yang masih berstatus gratis.



Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih jasa webhosting . anda juga perlu memahami beberapa istilah dasar dunia webhosting untuk memudahkan anda dalam memilih jasa yang akan digunakan :

Bandwidth atau data transfer adalah pengukuran kapasitas transfer data pada webhosting maupun situs web. Semakin banyak file sebuah web yang di akes oleh pengunjung. Semakin besar pula bandwidth yang digunakan oleh situs pengunjung. Pada umumnya bandwidth dihitung per bulan dan akan direset ke nol pada setiap awal bulan.

Disk Space (muatan gudang penyimpanan)

Disk Space adalah ketersediaan ruangan yang di berikan untuk menyimpan file. Saat anda menyewa  jasa webhosting. Artinya anda sedang menyewa ruang atau space hard diskpada server penyedia jasa web hosting.

Add-on Domain
Add-on domaian adalah domain baru yang di letakan pada salah satu subdirektori domain utama. Ketersediaan add-on dalam sebuah  akun webhosting memungkinkan membuat situs baru tanpa membuat web hosting lagi.

cPanel
cpanel adalah sebuah control panel berbasis web yang di desain sedemikian rupa untuk mengontrol semua fungsi yang berhubungan dengan web hosting maupun email. Saat ini banyak semua penyedia jasa webhosting memiliki cPanel.

Fantastisco
Fantastisco adalah sebuah system yang di desain untuk memudahkan menginstal  beragam script yang popular saat ini.  Seperti joomla, nucleus, dan tentu saja wordpress tanpa perlu mengkonfigurasi dan meng-upload banyak file. Dengan bantuan fantastico anda dapat membangun sebuah blog berbasis wordpress hanya dalam hitungan menit.
Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah yang berkaitan dengan webhosting. Namun sebagai permulaan, lima istilah di atas diangap cukup sebagai bekal dalam mencari webhosting.
 
Webhosting Gratis
Berbicara webhosting gratis sebenarnya internet segudang gratisan. Setelah mengetahui cara memanfaatkan fasilitas domain gratis seperti  000webhost, freenom, dll, sekarang kita menuju jasa webhosting gratis yang dapat di manfaatkan bagi anda yang baru belajar membuat situs web atau blog dan menggunkannya sebagai web percobaan sebelum melakukan pembuatan web yang menggunakan hosting berbayar. Ada beberapa diantaranya yang menawarkan fitur cukup lengkapa untuk ukuran jasa gratisan seperti ByetHost Freehostia dan lain-lain

Webhosting berbayar
Jika anda sudah yakin untuk melakukan membeli jasa web hosting ada beberapa jasa webhosting :

1. Godaddy com

2. idcloudhost com

3. rumahweb com

4. idwebhost com

5. jagoan hosting dan lain-lain  

Sekian  untuk  Belajar Blogger Bagi Pemula : Mengenal Webhosting silahkan apa bila ada yang mau menambahkan. 

Baik Pula Untuk di Baca : Tips Memilih Jasa Hosting

Artikel Terkait

Previous
Next Post »