9 Saran Cardas Memilih Nama Domain

Maret 25, 2017
Memilih Nama Unik untuk Domain
Sebelum pergi jauh melewati lembah, bukit  dan air mengalir indah ke samudra sebaik-nya anda mengetahui langkah ini dulu yaitu memilih nama untuk domain. 

-Manfaat Memilih Nama domain unik ? 
Manfaat memilih nama domain adalah salah satu cara orang-orang akan mengingat dan mengunjungi nama website atau blog anda hingga menjadi salah satu alat menentukan  trafik anda, sebisa mungkin nama yang digunakan belum pernah bermasalah seperti  kadaluarsa  dan tidak di aktifkan lagi, pernah digunakan untuk spam, konten pornografi  atau bekas domain yang di blokir oleh Geogle. Ada cara untuk melihat apakah akun anda aman atau sudah pernah di gunakan. Untuk pengecekan nama domain silahkan kunjungi http://whois.domaintool.com  dan cek :
  
untuk mengetahui apakah domain sudah pernah di banned Adsense apa belum silahkan kunjungi www.isbanned.com

Ada beberapa saran untuk memilih nama domain diantara adalah :

1. lebih baik jangan gunakan domain gratisan setengah mati (gratis Sementara) 

Domain setangah mati atau sementara seperti yang di tawarkan freenom (jasa domain gratis sementara ujung-ujungnya bayar) sing mburine ML,GA,TK  dan kawan frenom lainnya. Kalau mau menggunkan yang gratis selamanaya seperti blogspot.com wordpres.com dan lain-lain tapi kurang propesional , biasanya domain numpang di gunakan untuk spam seperti penipuan undian berhadiah mobil,uang dan spam lainnya.

2. Brandable domain Vs EMD (Exact Match Domain) dkk.
 Brenadable domain adalah suatu nama atau simbol yang digunakan untuk menciptakan sebuah brand website atau blog. Anda membuat website yang belum ada di geogle dan memberi citra tersendiri pada web anda. 

Contoh masyis.com kan belum ada di geogle dan saya ingin menciptakan brand masyis.com tentang kebumen blogger atau kebumen ngapak blogger yang cita-cita menjadi blogger local di kabupaten kebumen dan insya allah siap sharing dan berbagi ilmu tentang dunia blogger meskipun masih sama-sama belajar. 

Intinya Brenadable adalah membuat citra sendiri dari nol supaya terkenal dari lokal sampai Nasional dan luar negeri. Contoh facebook.com yahoo.com geogle.com dan masyis.com

-Adapun EMD dan kawan-kawannya yaitu KOD KRD

EMD adalah Exact-Macth Domain
KOD adalah Keyword On Domain
KRD adalah Keyword Rich Domain

Intinya adalah membuat web atau blog dengan memasukan kata kunci (Keyword) yang sesuai dengan tema atau topic. Contoh Cara-bisnis.com lah isinya tentang cara berbisnis, kumpulan-artikel.com isinya tentang kumpulan artikel dari sd sampai sma

Ada yang menyatakan Brenadable dan EMD dkk masih menjadi perdebatan mana yang lebih bagus antara  keduanya. Tapi menurut catatan domain Tipe EMD kurang efektif dan laku di SEO Geogle karena geogle telah meurubah alogaritmanya untuk masalah EMD dkk .

3. Pilih Domain COM atau NET atau ccTLD 
Sekarang 2017  domain tersebut sudah terbilang murah meriah, karena persaingan jasa domain sangat ketat. Contohnya jasa domain dan hosting yaitu Jagoan hosting kalau lagi promo sudah berani 30 ribu pertahun dari harga normal 66 ribu pertahun. dan yang paling pentingdomain net,com sudah familiar dimata masyarakat tidak terkecuali orang desa

Sedangkan ccTLD adalah singkatan dari Country Code Top-Level Domain
sebuah ekstensi domain yang di gunakan untuk nama negara tertentu
contoh :

.ID = Indonesia
.TH = Thailand
.JP = Japan
.DE = Jerman
.DST = Dan SeTerusnya.

4. Sebaiknya jangan memilih nama domain musiman

Domain musiman atau domain yang sedang naik daun biasanya hanya tumbuh sesaat. Contoh saat booming om telolet om,  langsung di bikin nama domain. Berbeda dengan nama asli anda bernama salman dan saat itu juga raja salman Saudi Arabia datang ke Indonesia, dan anda menamai domain anda dengan www.salman.com. Akan tetapi yang terpenting anda mampu mempertahankan tema dan isi postingan.

Seperti domain artis yang lagi buming terus ujug-ujug hilang 

5. daftar nama domain dengan jasa yang terpercaya
Jasa domain terpercaya juga sangat penting “

sudah di bahas"baca dan klik disini 

“Coba bayangkan sudah membuat post puluhan atau ratusan tiba-tiba poof hilang” bukan sulap bukan sihir anda telah tertipu dengan sejuta embel-embel dan korban promosi”

Menurut informasi yang di dapat rumahweb com adalah salah satu jasa yang peling terkenal di Indonesia karena sudah bediri sejak tahun 2002, harga domain masuk akal dan sudah berbadan hukum.

6. Tentukan nama domain se-unik mungkin.

Mudah di ucapkan , ditulis dan diingat seperti menggunakan bahasa daerah atau nama asli anda, contoh paijo.com, samidi.com, budayangapak.com, daplun.net, gombloh.net dan lain-lain  

7. Jangan gunakan domain Trademark.  

Maksudnya disini jangan gunakan embel-embel trademark seperti Geogle, Yahoo, Wikipedia menjadi sitegeogle.com, mbahyahoo, seniwikipedia.com bisa-bisa anda terkena gugatan karena telah mengambil namanya.

-“Nek kaya kie aku wedi lik ? mbok icir-icir kedenda nek ora kena gugatan”. (saya takut terkena denda dan pengajuan gugatan).

8 ada di postingan lebih awal yaitu masalah pengecekan domain yang bermasalah.

9 Mari  rajin nge-blog dan membeli domain yang terpercaya

Sekian Tips tentang nama domain dari ngapak kebumen masyis.com mohon maaf jika ada kekurangan dan bahasa yang kurang baik. Salam “blogger menjadi urutan ke 2 profesi terkini 2017 (On the spot-24/03/2017)”.   


Artikel Terkait

Previous
Next Post »