Menangkal Berita Hoaks Sepanjang Zaman

April 20, 2017
Cara mengatasi berita Hoaks
Gambar:google
Menangkal Berita Hoaks Sepanjang Zaman
Salah satu mengapa berita hoaks dapat tersebar cepat karena tingginya tingkat penetrasi penggunaan internet di Indonesia mencapai 132 juta pengguna pada 2016 menurut data APJII (Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia). adapun yang penyebab lainya adalah budaya orang Indonesia yang bangga ketika mereka dapat menyebarkan berita pertama kali, baik itu berita benar atau tidak.

Arti Hoaks adalah Sebuah kabar kebohongan yang sengaja di buat dengan menyamarkan seolah berita itu benar.
Hoaks  adalah bukan persoalan baru dan hoaks bisa datang dari musim ke musim apalagi musim pesta demokrasi rakyat. Kabar Hoaks cenderung digunakan untuk mempertajam konflik politik sehingga masyarakat mudah terpecah belah menjadi dua belah pihak yaitu Pro dan Kontra. Kita bisa merasakan tumbuhnya kebencian satu sama lain dengan membaca komentar-komentar yang saling singgung, menjatuhkan dan mengatakan kata kasar atau konotasi kata kebencian yang lainnya. Mungkin ada orang yang sudah berteman akrab bertahun-tahun gara-gara termakan kabar hoak dia memilih tombol Unfriend kepada teman lama. Bahkan capek karena banyak energi yang terkuras untuk debat yang tidak sesuai dan bertumpu pada nalar tetapi melaju dengan emosi.
Lalu mengapa hoaks bisa berjaya ?
Ada dua alasan yang berkemungkinan mengapa hoaks bisa berjaya :
1. Menjadikan diri konsumen dan tumbal hoaks yaitu dengan merasa hoaks mendukung keyakinan kita.
Pada dasarnya orang tidak suka apabila ada berita yang bertentangan dengan keyakinan kita. Menurut Festinger (2009) didalam teori disonasi koqnitif menyatakan bahwa setiap orang berusaha memperoleh kesesuaian antara tindakan,kepercayaan dan keyakinannya dengan pengetahuan yang dimiliki, oleh karena itu orang akan melakukan terpaan selektif dengan cara mencari informasi yang cocok dengan keyakinannya agar secara psikiologis perasaan menjadi NYAMAN. Meskipun dalam kenyataannya kabar dan pengetahuan itu baru saja di temukan.
Melihat hal seperti  itu pertimbangan utama mereka adalah bukan soal apakah informasi tersebut benar, namun terkadang hanya untuk memuaskan ego bahwa dirinya benar. Dalam hal ini akan menjadikan orang mencari dukungan yaitu dengan menyebarkan informasi terutama dengan menggunakan jejaringan media nasional.
2. Hoaks bisa berjaya karena berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap media utama.
Sebgai contoh persoalan politik yang menyoroti partai A dengan nilai plus dari pada partai B,C dan D. Kabar seperti ini banyak masyarakat beranggapan arus media kurang berpihak pada masyarakat dan berpihak pada salah satu kelompok politik. Akibatnya masyarkat akan lari pada sumber informasi lain maupun informasi tersebut bersifat abal-abal.
Hoaks
Hoak muncul dari mangsa media social yang besar, beredar melalui via media social popular facebook, twitter, web, whatsapp,sms,bbm dll.
Cara mengatasi berita Hoaks
gambar: google 

Ciri-ciri hoaks yang mudah dikenali adalah sebagai berikut :
1. Biasanya menggunakan judul SENSIONAL dan KONTROVERSIONAL dengan menggunakan tautan website yang kurang jelas seperti nama domain dan nama Website yang kurang familiar dan terkesan aneh dan baru.
2. Menggunakan pesan berantai
3. Merekayasa foto atau video asli namun dengan ca[tion yang tidak sesuai dan profokatif
4. Isi pesan terkesan ingin mendapat simpati dari berbagai pihak
Tanggapan Pertama dilakukan :
Adapun tanggapan sebelum menyatakan dan menyebarkan berita bahwa berita itu hoak atau bukan, sebaiknya saudara melakukan hal di bawah ini yaitu :
Klarifikasi berita :
1. Sumber informasinya bisa di percaya atau tidak atau melakukan konfirmasi kepada pihak terkait atau kunjungi website
2. Apakah berita tersebut berdasarkan fakta ?
3. Apakah narasumber lebih dari satu orang ?
4. Jika berupa foto, coba cek dulu apakah foto tersebut foto baru atau lama yang di pakai ulang atau dimodifikasi dan menafaatkan­­­ fitur google Images untuk memastikan keaslian foto.
5. Mencari alamat redaksi atau Site Url dan nama penulis yang di cantumkan
6. Cek sudah memiliki data 5 W dan 1 H yang lengkap atau belum ?
7. Apakah nara sumbernya sudah mewakili pihak-pihak yang berkaitan ?
8. Cari perluasan wawasan bisa melakukan referensi di berbagai media terpercaya untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda
Jika anda menemui berita hoaks yang sebaiknya anda lakukan adalah :
1. Menandai ( Flag ) pesan sebagai SPAM atau pelanggaran terlarang kemudian di sampaikan ke data layanan pusat seperti FB, BBM, Twitter, Youtube kebayakan sistem aplikasi sudah di beri layanan keamanan
2. Tidak ikut menyebarkan dan membiarkan atau menjauhi
3. Ikut mengomentari, “Ini Hoak,Ini Palsu dll”
4. Memberitahu teman atau komunitas lainnya bahwa berita ada HOAKS
5. Melapor ke Pihak berwajib seperti lapor dengan menggunakan Aplikasi yang bernama MASTEL dapat di unduh di Play Store dan App Store (link klik App)
Mengatasi Hoaks
google
6. Atau dengan mengirim Email Communication and Information System Security Research Center ke info@cissrec.org
7. TURN BACK HOAX
Sekian Tips Menangkal berita hoak sepanjang zaman semoga mudah di pahami dan semoga saudara ikut berpartisipasi menghilangkan berita hoaks yang mengancam integritas local dan nasional. Salam MASYIS.

Ditulis 3 setengah jam mulai 01.00 sampai 16.30 
dipandu majalah KOMBINASI

Artikel Terkait

Previous
Next Post »