Patut di Syukuri, 8 Keuntungan dan Kelebihan Saat Kamu Menjadi Blogger

April 21, 2017
TOTAL KEUNTUNGAN DAN KELEBIHAN SEORANG BLOGGER

Dalam hal ini sebenarnya ada banyak sekali keuntungan dan kelebihan selain poin di bawah ini yaitu seperti pikiran menjadi encer, banyak ide, disukai dan lain-lain.

Sebelum mengetahui dan sedikit bahasan tentang keuntungan dan kelebihan sebaiknya kita kembali atau flash back awal mula pekerjaan seorang blogger, untuk membatasi jawaban kita mengunakan dua kata yang pokok yaitu paksaan dan hobi

1. apakah seorang blogger itu berawal dari tuntunan kerja yang berlandaskan paksaan ?
2. apakah seorang blogger itu berawal dari tuntutan kerja yang berlandaskan hobi ?
3. Berawal dari paksaan dan hobi untuk mengawali sebuah karir di dunia blogger apakah penting ?

Blogger yang berawal dari paksaan dan hobi terkadang ada baik dan jeleknya. Kedua hal tersebut dpat dilihat mana yang lebih lama bertahan dan berkarir di dunia blogger. Bisa saja orang yang berawal dari paksaan dia menjadi sukses dalam dunia blog dan bisa saja yang berwal dari hobi tidak bertahan lama. Tetapi lebih berkemungkinan besar orang berkarir dari hobi akan bisa bertahan lama dalam berkarir.

seorang blogger yang berawal dari paksaan terdengar aneh tapi tentu saja bisa terjadi contoh satu kelas mahasiswa yang berjumlah 40 orang di tuntut untuk membuat blog atau website oleh dosen pengajar ilmu komputer yang menjadikan semua mahasiswa mau tidak mau harus membuatnya agar nilai mata kuliahnya bisa optimal sampai akhirnya mereka semua membuat blog. Tetapi diantara 40 orang mahsiswa terdapat 2 anak yang hobi dalam pekerjaan blog walaupun hobi baru berjalani 2 sampai 3 tahunan sebelum masuk bangku kuliah. Setelah mata kuliah selsai mungkin saja dari 40 orang mahasiswa yang membuat blog yang tetap menjalankan blog hanya 2- 5 orang saja yang bertahan di dunia blog atau sama sekali tidak ada yang mejalankan dunia blog.

*Jadi dapat di sadari tuntutan aktif dalam pekerjaan yang berlandaskan paksaan dan tuntutan yang berlandaskan hobi akan tetap bisa berjalan sampai menjadi salah satu kedisiplinan dalam mejalani dunia per-blog-an (sama-sama kuat akan berpengaruh)

Melanjukan tema diatas adapun untuk keuntungan dan kelebihan seorang blogger adalah sebagai berikut :  

8 Keuntungan dan Kelebihan Saat Kamu Menjadi Blogger

1.  Pandai menulis 
Bicara dunia blogger hal yang harus di kuasai adalah menulis, menulis artikel, menulis
berita, menulis tutorial , menulis cerita, menulis kronologi, menulis tips, menulis makalah, menulis pemasaran barang/jasa dan lain sebagainya. Tanpa di sadari seorang blogger akan pandai menulis walaupun media pembelajaranya hanya lewat internet atau otodidak, melihat media berita, atikel , jurnalis, sedikit pengarahan lansung dan lain-lain.
Dalam hal penulisan ada seseorang  blogger yang selalu bertengger di pagerank 1-3 yang saya kagumkan tulisan seseorang yang mengaku hanya lulusan SMP tetapi tulisan begitu rajin, berkarakter dan halus , mudah di mengerti dan nyaman untuk di baca. Lalu dari mana dan bagaimana seorang yang statusnya hanya tamatan SMP kualitas tulisanya sampai begitu menarik.

Dari hal yang saya lakukan di tahun 2017 salah satunya yaitu mengajak anak-anak muda untuk mencoba menjadi seorang blogger sekitar 5 orang anak SMA dan 1 anak SMP dan anak SD kelas 6. Kemudian saya mencoba menanyai mereka dengan kalimat :

apakah kamu suka menulis ?

apakah kamu bisa menulis ?

jika iya, kamu senang menulis apa ?

apakah tulisanmu baik dan mudah dipahami ?

dari 4 pertanyaan dan dari jumlah orang di atas terbanyak mereka menjawab, (a) saya tidak suka menulis, (b) saya bisa menulis, saya bisa sedikit menulis, (c) tidak tahu menulis apa, dan banyak yang ragu akan tulisanya sendiri, (d) tidak, tidak yakin, mungkin.
Ada kisah yang lebih gila lagi yaitu kisah sesorang yang empunya blogodolar.com dalam kisahnya dia nekad keluar dari pekerjaanya :

Baca cuplikanya :
“Tanpa terasa gaji pokok saya mencapai Rp 17.187.844 per bulannya (dengan potongan pajak ke negara sebesar Rp 2.462.645). Karena kurs 1 dolar = Rp 8.500 per Oktober 2011, maka gaji pokok saya itu lebih dari US $2,000. lanjut baca https://goo.gl/aoAqV4g”

Dia menyatakan bahwa dia nekad keluar dari kerjanya karena ingin meneruskan hobi menulis dengan mengunakan media blog. keluarga dan kerabat sering menyayangkan adapula yang berkata “kamu itu orang yang kurang bersyukur”dll.

Dia berkayakinan “Motivasi saya adalah mendapatkan uang/nafkah dari ngeblog dan menjadi salah satu blogger ternama di Indonesia. Saya terkadang jenuh juga, namun dengan melihat motivasi tersebut, saya berupaya sekuat mungkin untuk terus ngeblog”.

Dari kesimpulan dua di atas ada dua kemungkinan yaitu orang akan bisa menulis walaupun belajar dari internet atau otodidak  dan orang yang kurang bisa menulis walaupun masih berstatus pelajar formal.

 2. Rajin membaca
Rajin membaca adalah salah satu kelebihan seorang blogger. Adapun manfaat rajin membaca yaitu :
a. terkumpulnya banyak informasi
b. membantu menemukan ide baru
c. membuka wawasan
d. memperkuat kualitas artikel yang akan dibuat
e. dan hal positif lainya……………………………………….
Membaca dan membaca sesuai kebutuhan akan banyak hal postif yang bisa di dapat ini akan menjadi kelebihan dan keuntungan bagi seorang blogger
.
3. Mengetahui ilmu marketing dan strategi

8 Keuntungan dan Kelebihan Saat Kamu Menjadi Blogger

Di dunia era modern banyak membutuhkan ilmu marketing (pemasaran) dari mulai pemasaran sampai final mendapatkan profit yang lebih tinggi. Tidak terkecuali informasi pasar yang dibutuhkan untuk berspekulasi ke masa mendatang. Informasi pasar yang cukup menggiurkan bagi yang mempunyai dolar atau biaya membeli saham.

Adapun informasi yang di dapat bisa melalui dari pasar online dan ofline (studi kasus lapangan).  Dari kedua informasi yang lebih di utamakan adalah informasi online seperti pasar saham, perkembangan pasar, trafik harga dll. Banyak kebijakan pasar yang update mengunakan media online. Informasi ofline terkesan lambat dan sangat jauh tertinggal daripada informasi online seperti dari mulut ke mulu, baliho, surat dan lain-lain.
Mengetahui ilmu marketing online dan strategi adalah satu kelebihan seorang blogger. Seorang blogger bisa saja mengetahui produk mana saja yang lebih laku dari tahun ke tahun dalam toko online melalui tool yang biasa digunakan.

Adapun yang lain kerena kebiasaan seorang blogger dalam dunia persaingan seperti mencari celah dari pesaing, penentuan barang yang laku dijual, bermain SEO dan lain-lain.

Di kutip dari sara sechan NET seorang habibie Afsyah dia mampu bisa menjual produk dari amzon atau metode affiliate amazon pertama kali dia mampu mendapat uang $ 120-2.000 yang kemudian dikembangkan untuk kursus IT. Habibie Afsyah seorang penyadang difabel yang sukses menyadang gelar entrepreneur marker dan web devolper dan menginspirasi beribu orang lainya termasuk saya sendiri.

Ilmu marketing dan strategi akan selalu berjalan berdampingan pada seseorang blogger walaupu tanpa disadari dia akan sedikit demi sedikit akan bisa dan menikmati.

4. Mengerti teknolgi   
Seorang blogger mengerti teknologi adalah hal yang wajar atau lumrah dilakukan yang dimana akan menjadikan keuntungan dan kelebihan tersendiri. Blogger dalam teknologi terbaru akan bisa menyeimbangi lebih cepat dari yang lain walalupun hal tersebut terkesan baru. Alasan karena hal ini terkait rasa penasaran seorang blogger terhadap sesuatu bersifatat Updating apalagi masalah teknologi.

Apakah seorang blogger pernah Gaptek teknologi terbaru?

Saya yakin tentu saja ada dan mungkin saja tidak sedikit blogger yang gaptek akan masalah teknologi yang terkesan baru. Tetapi karena rasa penasaran dan ilmu updating yang dia punya dengan cepat dia bisa mengerti teknologi dan mempergunakanya dengan baik.

Untuk merubah paradigma gagap tekonlogi atau Gaptek sebaiknya kita rubah arti dari singakatan Gaptek menjadi Gampang Praktek. Ini akan menyulutkan sisi positif tersendiri seperti rasa percaya diri dan tidak kaku dalam mempergunakanya.

5. Network yang luas 
Jaringan yang luas mempunyai nilai tersendiri bagi seorang blogger. Bagi seseorang bayak sibuk mencari jaringan di dunia nyata maupun maya tetapi seorang pemain lama blogger mampu mempunyai dan mengetahui bagaimana mencari dan menjadikan simpul jaringan benar-benar menjadi kuat. Ini menjadi kelebihan dan keuntungan yang luar biasa dalam dunia kerja. Seorang blogger tidak sulit untuk mencari jaringan karena sudah terbiasa mencari dan membangun dalam bahkan memeperkuat simpul Network.

6. Berjiwa peneliti

Kelebihan yang lain adalah menjadikan jiwa bloger menjadi seorang peneliti. Karena sebagian besar jiwa seorang blogger mempunyai rasa penasaran yang tinggi apa lagi mengenai hal-hal baru yang menyangkut aktivitasnya tentu saja tidak akan tinggal diam tanpa memikirkan suatu masalah. Contoh yang nyata seorang blogger mampu begadang sampai larut malam hanya untuk menyelesaikan satu kasus atau masalah walaupun hanya membuat artikel.

7. Dikenal orang atau mempunyai fans 
Menjadi seorang blogger berkesempatan untuk di kenal orang dan akan mempunyai fans contoh untuk kalangan artis raditiya dika mempunyai fanspage facebook : 1,5 juta twitter 10, 5 juta youtube 1,5 juta follower untuk beda kelas yaitu Agus mulyadi dia mempunyai fanspage facebook : 6 ribu, twitter 10 ribu, dan Benablog fanspage :30 ribu twitter 1 juta dan youtube 59 ribu dan juga mas sugeng id fanspage 31 ribu dan jutaan blogger yang lain. Jika artikel yang anda buat berkualitas dan mempunyai daya saing maka pembaca akan mencari siapa penulis-nya dan otomatis akan mengikuti dan menjadi fans anda.

8. Menjadi disiplin 
Tanpa rasa di sadari seorang blogger di tuntun menjadi seorang yang di siplin. Entah di
siplin ilmu, membuat artikel, jadwal posting, berapa jam harus kerja, berapa jam harus bermain menghilangkan penat, berapa jam bersama keluarga, berapa jam membaca, berapa jam harus olahraga dan lain sebaginya.

1 hal yang saya kagumi menjadi seorang blogger adalah merasakan waktu benar-benar berharga dan bernilai*

Bagaimana tidak ?

Bagi seorang blogger merasa persaingan blog begitu ketat dan aliran uang begitu banyak dan cepat dan persaingan jumlah pengunjung blog. Di dunia internet hitungan aliran uang adalah per-detik dan per-menit berbeda dengan dunia nyata yang hitunganya lebih santai. Maka sebagai seorang blogger jiwa persaingan akan selalu di tuntut setidaknya mengimbangi yang lain contoh Persaingan jumlah pengunjung blog dan total peng-klik iklan perhari. Mulai dari sinilah seorang blogger menyadari bahwa waktu sangat berharga dan kemudian munculah sikap disiplin.

Sekian artikel 8 Keuntungan dan Kelebihan Saat Kamu Menjadi Blogger. Semoga menjadi inspirasi baru dan semangat baru untuk tetap exsis dalam dunia nyata maupun dunia online.  Salam sukses penuh keberkahan - Man Jadda Wajdda (siapa yang bersungguh-sungguh dia berhasil) MASYIS


Ditulis 4 jam jam 19.00 sampai 22.00

Artikel Terkait

Previous
Next Post »