5 Cara Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan

Mei 19, 2017
5 Cara Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan

Berkomunikasi merupakan salah satu aspek penting untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Oleh sebab itu, Saudara harus menyiapkan dan memanfaatkan sebanyak mungkin sarana komunikasi.

Berkomunikasi dengan pelanggan berguna sebagai penguat hubungan yang secara tidak langsung akan memberikan keberuntungan di masa sekarang maupun di masa depan. Komunisi yang efektif antara pemilik usaha dengan pelanggan akan terlihat dari berapa pelanggan yang loyalitasnya tinggi kepada saudara (timbale balik). Pemilik usaha seharusnya sadar untuk menentukan dan melakukan hal ini, jika dia tidak mau kehilangan pelanggan secara pelan-pelan. Cara berkomunikasi dengan pelanggan memang sangat banyak, tergantung cara mana yang lebih efektif untuk di lakukan saudara.

Berikut 5 komunikasi dengan pelanggan yang terbilang cukup efektif :  

1. Temukan berbagai cara agar pelanggan tetap mengingat Saudara setelah pertemuan pertama. Sesaat setelah bertemu pelanggan, hubungi pelanggan dengan mengirimkan surel, buletin, atau media lain.

2.  Jangan terfokus hanya pada produk atau jasa yang ingin Saudara pasarkan dengan 
menghubungi pelanggan saat Saudara membutuhkan mereka untuk berbisnis. Tetapi Kirimkan juga informasi jika perusahaan akan mengadakan kegiatan atau meningkatkan kualitas produk/jasa. Mengirimkan berita terbaru secara rutin merupakan salah satu cara menjalin komunikasi antara Saudara dan pelanggan yang tidak semata-mata demi kepentingan bisnis. Libatkan pelanggan dalam kegiatan bisnis. Salah satu cara menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah membuat pelanggan merasa dilibatkan dalam pengembangan dan kemajuan perusahaan. Berusahalah melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan.

2 Jika perlu kirimkan buletin bulanan.
Mengirimkan buletin adalah cara menginformasikan produk/jasa, rencana kegiatan, dan sebagai media promosi. Buletin bisa diterbitkan dalam bentuk cetakan atau dikirim melalui e-mail.

3 Buatlah akun media social usaha saudara
Saat ini, media sosial berperan penting untuk bekomunikasi dengan pelanggan. Persiapkan diri untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai media sosial di luar jam kerja. Seperti melalui akun Facebook, Twitter, atau media sosial yang lain untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Kirimkan  “Permintaan Pertemanan” kepada pelanggan agar mereka bisa mengakses akun perusahaan dan mengetahui profil bisnis Saudara

4. Adakan acara khusus, pesta, dan kontes, lalu undanglah para pelanggan.
Manfaatkan kegiatan tersebut sebagai kesempatan untuk bertatap muka dengan pelanggan, mengajak mereka untuk terlibat aktif dalam aktivitas bisnis, dan menunjukkan apresiasi atas loyalitas mereka kepada perusahaan       

5 Mintalah umpan balik dari pelanggan kritik dan saran.
Selain meminta pelanggan memberikan saran atas fitur atau produk baru agar lebih menarik, berikan kesempatan agar pelanggan bisa menyampaikan kritik atas produk dan layanan perusahaan. Selain meningkatkan loyalitas pelanggan, Saudara bisa memperoleh informasi penting tentang kebutuhan dan tingkat kepuasan pelanggan.
Beri tahu pelanggan bahwa Saudara membutuhkan umpan balik konstruktif yang jujur dan akan mempertimbangkan saran yang mereka sampaikan untuk meningkatkan performa perusahaan.
Saat pelanggan memberikan saran atau kritik, tunjukkan bahwa Saudara mengerti apa yang mereka sampaikan dengan mendengarkan baik-baik dan memberikan tanggapan

Tips
* Saat berkomunikasi, sapalah pelanggan dengan menyebutkan nama sesuai keinginan mereka. Biasakan menyapa pelanggan dengan hormat, misalnya menggunakan sapaan bapak atau ibu dan nama marganya. Gunakan nama kecil seizin pelanggan.

Sekian 5 Cara Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan. Semoga memberi manfaat dan menginspirasi saudara. Jika artikel ini bermanfaat Silahkan Share dan Berlanggan artikel MASYIS. Terima kasih

Sumber pendukung: 
inc.com/guides/201101/how-to-build-better-business-relationships.html
allbusiness.com/slideshow/ten-tips-to-build-customer-loyalty-16675686-1.html/2
marketingdonut.co.uk/marketing/customer-care/understanding-your-customers
mallbizdaily.com/21233/creating-repeat-business-customer-relationships/
dll


Artikel Terkait

Previous
Next Post »