7 Cara Menentukan Tipe Bisnis Rumahan yang Pas Buat Anda

Mei 15, 2017
Menentukan Tipe Bisnis Rumahan, Minat, Bakat, Kebutuhan, Keahlian atau kesenangan. Diantara semuanya harus bisa di pilah agar menjadi pondasi saudara kedepan. Walau nyatanya harus banyak lagi untuk di pertimbangkan dalam memulai bisnis rumahan.

Semoga tips ini semoga menjadi kunci dari kebingungan Saudara dalam mempertimbangkan Penentuan Ide bisnis rumahan.

7 Tips menetukan Ide Rumahan diantaranya adalah :

1. Kenali dan Evaluasi bakat atau Hobi saudara.
Disini Banyak orang terjebak antara mana yang minta dan bakat. Sebenarnya ada perbedaan besar antara bakat dan minat.

Jangan sampai hanya karena Saudara  berminat pada suatu bidang tertentu, bukan berarti bisa diubah menjadi bisnis.

Hal yang terpenting adalah pikirkan keahlian Saudara , atau hobi yang bisa Saudara  lakukan layak dan lebih dari orang lain. Bisnis juga bisa didasarkan pada keahlian profesional yang telah dikembangkan atau telah lama dipelajari.

Saya berbakat mengolah makanan ?
Saya berminat mengolah makan ?

Bakat kerajinan ?
Minat kerajinan ?

Bakat menulis Novel ?
Minat menulis Novel?

“Pastikan jenis bisnis yang dipilih adalah sesuatu yang Saudara  senangi”
Saudara  akan menghabiskan banyak waktu menyusun dan menjalankan bisnis sehingga banyak waktu yang saudara gunakan belum lagi saudara mengalami kebosanan dan merasa di rugikan dengan apa yang telah di lakukan karena tidak didasari dengan bakat, ahli dan kesenangan.

Saudara Harus bisa memilah antara Bakat dan Minat, jangan sampai karena minat semata saudara ingin menjadikan kegiatan itu menjadi bisnis saudara.

2 Menilai kebutuhan finansial
Walaupun memulai bisnis dari rumah biayanya lebih terjangkau dari bisnis biasa, akan tetapi  masih memerlukan dana untuk memulai bisnis saudara contoh :
Saat menyusun ide bisnis dari bakat saudara,  pikirkanlah berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membeli persediaan awal, perlengkapan produksi, atau bagaimana menutupi biaya awal.

Jika Saudara  isi tabungan tidak menyukupi, Saudara  juga bisa memperoleh pinjaman, tetapi hal ini Saudara harus memenuhi syarat kredit dan bertanggung jawab atas kredit yang telah menjadi keputusan, saya pribadi ini sesuatu yang cukup sulit dilakukan untuk bisnis baru.

“Lebih baik pertimbangkan opsi pendanaan Saudara  saat menyusun bisnis di rumah”

3 Ketahui persaingan Saudara .
Survai Pasar
Jika Saudara  berencana memulai bisnis lokal, carilah bisnis lain yang menawarkan produk atau jasa yang serupa di kota Saudara, contoh lanting atau makanan khas dari singkong.

Saudara  harus mencari tahu apakah masih ada bisnis tersisa untuk Saudara . Jika Saudara  berencana bekerja melalui  persaingannya sudah cukup tinggi. Berarti Saudara  harus mencari cara untuk mendiferensiasikan diri dari para pesaing lain.

Pada dua kasus tersebut, sebaiknya Saudara  berkeliling dan menganalisis penetapan harga pesaing. Jika Saudara  bisa memasang harga di bawah pesaing untuk produk yang sama, kemungkina Saudara  bisa mencuri pelanggan mereka.

4 Pahami dan cari celah kebutuhan pangsa pasar Saudara .
Dengarkan perkataan orang-orang dan kebutuhan mereka di area yang dihuni atau mangsa pasar saudara. Jika ada perkataan mereka yang menarik atau besinggungan dengan minat dan bakat Saudara , tidak ada salahnya dicoba untuk bisnis lokal maupun online. Setiap ide bisnis yang baik Saudra harus bisa melihat dan memenuhi kebutuhan pasar.

5 Pelajari Penjadwalan atau pemberian jam kerja
Jika Saudara  berencana mempekerjakan karyawan atau mengontrak pekerja sebagai bagian dari bisnis rumahan, tentunya Saudara  harus mengetahui hukum-hukum tenaga kerja yang berlaku di lokal saudara. Hal ini tidak terbatas pada gaji minimum, insentif lembur, manfaat yang dipersyaratkan, dan peraturan kompensasi adil yang lain.

Seandainya saudara tidak bisa sebaiknya gunakan jasa konsultan hukum untuk memastikan tidak ada hukum yang dilanggar, karena hal ini termasuk masalah keadilan jam kerja, jangan sampai saudara gara-gara jam kerja dan gaji mendapat sangsi social dari lingkungan tempat bisnis, ini akan merugikan moril dan material secara tidak langsung.

6  Bagaimana jika tidak ada ide sama sekali Kuncinya adalah dengan pertimbangkan beberapa ide yang lebih umum.

Jika tidak ada ide bisnis yang muncul di benak, pikirkan sebagian jenis bisnis yang sudah pernah dilihat dan dengar. Sebagian bisnis rumahan yang menguntungkan di antaranya guru les, Sablon rumahan, makanan ringan,  bisnis kepelatihan, konseling, konsultasi pemasaran, akuntansi, desain situs web, desain interior, atau jasa penulisan resume.
 Ide bisnis rumahan ini hanya membutuhkan keahlian pribadi alih-alih investasi besar. Sebagian besar ide bisnis tersebut juga bisa dilakukan di internet.

7 Pertimbangkan ruang kerja bisnis Saudara .
Jika rencananya bisnis Saudara  melibatkan produksi, penyimpanan, atau pengiriman produk, kemungkinan besar Saudara  membutuhkan meja kerja dan karyawan untuk membantu.

Pikirkan banyaknya ruang yang dibutuhkan di rumah untuk melakukan aktivitas bisnis, jangan sampai menggagu pihak keluarga yang lain seperti kamar anak di jadikan gudang penyimpanan barang, hal ini akan menimbulkan masalah di masa mendatang. Apakah aktivitas bisnis memengaruhi ruang anggota keluarga lain? Pertimbangkan kebutuhan ruang dan kemampuan rumah Saudara  sebelum melanjutkan penyusunan bisnis rumahan.

Sekian 7 Tips Menentukan Tipe Bisnis Rumahan.
Ada bebarapa hal pokok yang saudara harus kuasai matang-matang yaitu masalah bakat, mangsa pasar, modal dan ruang kerja yang akan di gunakan nanti.

Salam MASYIS Blog lokal berupaya memberikan Inspirasi yang runtut dan mudah di aplikasikan.

Sumber
sba.gov/writing-business-plan
sba.gov/content/home-based-businesses
inc.com/articles/2000/03/17919
extension.umaine.edu/publications/4190e

Artikel Terkait

Previous
Next Post »