8 Jurus Jitu Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Mei 19, 2017
Jurus Jitu Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan
Mempertahankan hubungan terbilang cukup penting setelah saudara melakukan strategi menjalin hubungan dan bagaimana komunikasi yang efektif dengan pelanggan pada post sebelum ini. Kini tinggal bagaimana mempertahankan hubungan yang baik dengan pelangan.

Bisa di katakan memanjakan pelanggan adalah hal yang termasuk Vital. Prinsip memanjakan pelanggan telah di terapkan didunia perbangkan seperti para nasabah di manjakan pelayanan. Perbangkan sukses dalam meng-gaet pelanggan dikarenakan menggunkan konsep dan strategi yang matang dari A-Z dalam menjalin, berkomunikasi, mempertahankan bahkan men-target nasabah yang potensial.

Telah di sebutkan pada post 1 dan 2 tepat sebelum ini, dalam kesemuan hal bisnis pelanggan adalah nomor satu. Pelanggan merupakan aset brilian yang sangat berharga. Hal ini karena melihat persaingan bisnis yang sangat ketat, belum lagi usaha yang menyamai usaha Saudara. Jika kita lengah sedikit saja seperti rasa kecewa yang kecil atas pelayanan, atau complain tidak di tanggapi bisa-bisa langsung kabur ke yang lain.
Berikut jurus jitu mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan. silahkan di catat atau di ambil poinnya saja, sekira ilmu ini bermanfaat bagi saudara.

1. Bersikaplah jujur kepada pelanggan.
Ingatlah bahwa kepercayaan pelanggan sama pentingnya dengan kualitas produk atau jasa yang Saudara tawarkan. Oleh sebab itu, hubungan jangka panjang dengan pelanggan harus dijalin berdasarkan kejujuran dan integritas

2. Jagalah komitmen.
Jangan membuat janji yang tidak bisa Saudara penuhi sebab hal ini akan merusak hubungan dengan pelanggan. Jika Saudara mengalami masalah, beri tahukan hal tersebut dengan jujur kepada pelanggan. Saudara harus segera memberi tahu pelanggan jika terjadi masalah, misalnya ketika Saudara tidak bisa memenuhi tenggat, kesulitan menemukan produk tertentu, atau belum bisa menyediakan jasa yang dibutuhkan.

3. Utamakan transparansi dalam bertransaksi.
 Dalam menjalankan bisnis, transparansi berarti menanggapi permintaan dan keluhan pelanggan dengan memberikan respons yang memuaskan. Jika Saudara perlu mencari informasi sebelum menjawab pertanyaan atau menanggapi permintaan pelanggan, sampaikan dengan jujur dan buatlah komitmen     yang mampu Saudara penuhi. Cara tersebut memberikan kesan kepada pelanggan bahwa Saudara menghargai pendapat mereka dan selalu  menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama.

4. Buatlah situs web agar pelanggan bisa mencari tahu status pesanan mereka, memantau progres pekerjaan, atau mendapatkan informasi penting tentang produk atau jasa yang mereka butuhkan.    

5. Akui jika terjadi kesalahan, masalah, atau penundaan.
Pelanggan biasanya tahu apakah Saudara mengatakan yang sebenarnya atau tidak memberikan informasi yang relevan. Hubungan jangka panjang dengan pelanggan membutuhkan transparansi dan rasa saling percaya.

6. Ucapkan terima kasih kepada pelanggan.
Menghargai kerja sama dan loyalitas pelanggan adalah cara menjaga hubungan baik dengan mereka. Agar bisa melakukan ekspansi bisnis, Saudara bukan hanya membutuhkan pelanggan baru, tetapi harus memberikan penghargaan kepada pelanggan setia.

Tips
Untuk menciptakan loyalitas pelanggan, adakan program berhadiah untuk pelanggan tetap, yaitu orang-orang yang sudah menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam bisnis Saudara. Hadiah bisa berupa pemberian kartu untuk mengumpulkan poin, bingkisan berbentuk kartu, dan penawaran istimewa.

7. Jalinlah hubungan yang saling menghargai.
Berinteraksi dengan pelanggan secara personal adalah cara terbaik menjalin hubungan dan menumbuhkan loyalitas. Pengalaman pribadi pelanggan saat melakukan transaksi bisnis dan kenyamanan berkomunikasi dengan Saudara sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan jangka panjang.

8.  Berbicaralah dengan pelanggan secara langsung.
Kesulitan menghubungi seseorang dan layanan operator telepon yang memakan waktu cenderung menjadi pengalaman tidak menyenangkan bagi pelanggan.
Pelanggan lebih menghargai pelayanan personal yang sepenuh hati. Jadi, jangan mengSaudaralkan sumber daya eksternal sebagai pengelola presentasi bisnis Saudara di media sosial atau sebagai personel yang melayani pelanggan.

Tips
* Hubungan baik dengan pelanggan membuat masalah lebih mudah diatasi, misalnya ketika mereka merasa kurang puas dengan pelayanan yang Saudara berikan, pesanan yang terlambat dikirim, atau permintaan yang tidak terlayani dengan baik. Kelancaran komunikasi akan memperkuat relasi bisnis sehingga Saudara lebih mudah menemukan akar permasalahan dan memberikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Jika artikel ini bermanfaat silakahkan share dan Submit (langganan). Sekian Jurus Jitu Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi saudara dalam menjalankan binis atau usaha.  Salam MASYIS

Sumber pendukung :
bloomberg.com/bw/stories/2007-06-01/building-customer-relations-by-listeningbusinessweek-business-news-stock-market-and-financial-advice
inc.com/guides/201101/how-to-build-better-business-relationships.html
allbusiness.com/slideshow/ten-tips-to-build-customer-loyalty-16675686-1.html/2
marketingdonut.co.uk/marketing/customer-care/understanding-your-customers
mallbizdaily.com/21233/creating-repeat-business-customer-relationships/

dll

Artikel Terkait

Previous
Next Post »