8 Tips Membuka Bisnis Rumahan yang Ideal dan Maknyus

Mei 15, 2017
8 Tips Membuka Bisnis Rumahan yang Ideal dan Maknyus
Membuka bisnis rumahan baru tidak asal buka akan tetapi harus ada konsep dan strategi di langkah awal. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dari hal apa yang tidak di inginkan seperti kerugian awal yang akan bisa di minalisir. Tips membuka bisnis rumahan yang di katakana ideal dan maknyus ini akan benar-benar membantu saudara dalam tahap langkah awal di antaranya adalah :

1. Investasi Modal bisnis rumahan  
Sebelum memulai bisnis, terkadang ada investasi yang harus dilakukan untuk infrastruktur bisnis Saudara . Jenis investasi ini beragam, tergantung jenis bisnis apa yang saudara jalankan.

Sebagai contoh, jika Saudara  menjalankan bisnis percetakan atau Photo copy di rumah, Saudara  harus membeli mesin pencetak dengan kualiatas profesional dan harga kertas yang sesuai. Ini di lihat dari kemampuan catak per-hari , mudah perawatan atau tidak, biaya service dan lain-lain. Dalam hal penentuan Kualiatas mesin ini sangat perlu di pertimbangkan.  

Contoh lain, jika Saudara  menjalankan bisnis lewat internet, blog atau website atau toko online,  sebaiknya tingkatkan kualitas komputer dan kecepatan internet . karena Lamanya waktu yang dihabiskan untuk memuat halaman bisa membuang waktu yang berharga dan menurunkan produktivitas.

Intinya sesuatu yang pokok entah itu berupa mesin atau alat, benar-benar di perhitungkan karena hal ini akan menyangkut produktifitas atau aktifitas kedepan.

2. Atur bisnis Saudara  menjadi sebuah entitas legal.
Saat mengawali bisnis, Saudara  memiliki beberapa opsi untuk menentukan struktur bisnis. Bentuk paling sederhana adalah usaha perseorangan, yaitu Saudara  sebagai pemilik adalah entitas legal bisnis. Dalam kasus ini, Saudara  diwajibkan memiliki NPWP.
Namun, jika Saudara  berencana menyertakan partner atau mempekerjakan karyawan, Saudara  perlu mengatur bisnis sebagai entitas yang terpisah misalnya sebuah korporasi. Dengan demikian, Saudara  perlu mengukuhkan bisnis sebagai badan usaha dengan pemerintah dan memperoleh sertifikat dagang. Korporasi juga membatasi liabilitas terhadap semua kerugian yang dialami bisnis.

3. Susun ruang kerja Saudara  di rumah.
Supaya bisa bekerja secara efektif, Saudara  membutuhkan ruang kerja di dalam rumah. Jika Saudara  menjalankan bisnis lokal, rumah Saudara  merangkap kantor pemasaran. Saudara  membutuhkan area terpisah dari anggota keluarga, hewan peliharaan, dan gangguan semacam lainnya.
Jika memungkinkan, pisahkan area kerja sebanyak mungkin dari rumah Saudara . Pemisahan secara fisik akan turut membantu memisahkan mental kerja dengan kehidupan rumah Saudara .  Pastikan ruang kerja dan bisnis rumahan Saudara  tidak mengganggu kehidupan keluarga atau membawa stres baru di rumah maupun tetangga terdekat.

4 Aturlah jaringan telepon dan internet khusus bisnis.
Hampir semua bisnis memerlukan kontak telepon dengan pelanggan. Untuk memastikan telepon rumah Saudara  tidak diganggu pelanggan, aturlah jaringan telepon khusus untuk bisnis Saudara . Sebaiknya Saudara  juga menggunakan voicemail/ alih-alih mesin penjawab pesan. Hal ini akan terlihat lebih profesional di mata pelanggan. Selain itu, sebaiknya Saudara  juga menambahkan koneksi internet yang cukup cepat untuk menjalankan bisnis. Sesuaikan biayanya dengan isi kantong Saudara .
Sebagai contoh, jika bisnis Saudara  bergerak di bidang streaming video seperti youtube dkk, bisnis diharuskan memiliki internet yang cepat. Namun, jika internet sebagian besar hanya digunakan untuk berselancar atau membuka surel, tidak perlu membayar mahal untuk internet cepat.

5. Luncurkan bisnis Saudara .
Saat semua persiapan sudah tuntas, buka bisnis atau situs web dan layani pelanggan pertama Saudara . Pelanggan pertama Saudara  bisa dari teman atau saudara. Jangan lupa, Saudara  tidak akan tahu bisnis Saudara  sepenuhnya di masa permulaan. Para wiraswata belajar sembari menjalankan bisnisnya! Jika pelanggan pertama Saudara  adalah teman atau saudara, pastikan Saudara  memperoleh umpan balik (feedback). Sesuaikan produk atau proses produksi sesuai saran dan kritik yang diterima.

6. Pemasaran bisnis
ini termasuk periklanan, membangun citra media sosial yang kuat, dan aktivitas lain yang didesain untuk menarik pelanggan. Jenis pemasaran Saudara  sebaiknya beragam berdasarkan jenis pelanggan  ingin dipikat. Jika Saudara  menjalankan bisnis lokal, iklankan bisnis di stasiun radio atau koran lokal. Jika bisnis dijalankan lewat internet, mendaftarlah masuk Google AdWords atau iklankan bisnis pada situs web yang relevan.
Pemasaran bisnis juga termasuk membangung merek, memasang situs web profesional, mengarahkan massa (traffic) ke situs bisnis dengan optimisasi mesin pencari, dan menggunakan strategi promosi, serta berbagai taktik pemasaran lain.

7. Sesuaikan strategi dan produk sesuai kebutuhan.
Tanggapi pelanggan Saudara . Saudara  harus menyusun sistem atau survey sehingga pelanggan bisa memberikai nilai atas pengalamannya menggunakan produk atau jasa bisnis Saudara . usahakan untuk memperoleh penilaian  sebanyak-banyaknya. Semua kritik yang terus-menerus muncul menandakan dibutuhkan adanya perubahan pada salah satu aspek bisnis.

8. Bangun basis pelanggan yang tepercaya.
Dengan menyesuaikan bisnis sesuai kebutuhan pelanggan dan terus memberikan produk atau jasa yang memuaskan, Saudara  bisa memperoleh bentuk pemasaran gratis terbaik atau rekomendasi dari mulut ke mulut. Pelanggan akan menyarankan bisnis Saudara  kepada teman atau keluarga mereka jika benar-benar puas dengan pelayanan Saudara . oleh karenanya, bisnis Saudara  akan bertumbuh. Saudara  harus mempertahankan loyalitas pelanggan dan membangun pendapatan yang konsisten.

 Tips
Saat Saudara  mulai berpikir untuk memulai bisnis rumahan, tuliskan semua hal yang bisa dilakukan dengan keahlian dan bakat Saudara >>>>>persempit>>>> sampai menemukan apa yang benar-benar ingin Saudara  lakukan.

Pertahankan pekerjaan tetap Saudara  sampai bisa menghasilkan cukup uang secara konsisten. Banyak pemilik bisnis rumahan yang keluar dari pekerjaan tetapnya saat sudah menabung laba setahun.

Perlu di waspadai
Ada banyak penipuan di luar sana yang menjanjikan banyak uang dan stabilitas keuangan dari bisnis rumahan. Jangan tertipu oleh rayuan ini. 

Bisnis rumahan terbaik berasal dari ide, hati, dan kerja keras Saudara  sendiri.

Banyak sebagian besar bisnis rumahan tidak mencicipi sukses. Hal ini merupakan fakta. Ada beberapa bisnis rumahan baru yang setiap tahun sangat sukses.

**Saudara  cukup bekerja keras dan melakukan yang terbaik
** Pastikan Saudara  mengatur anggaran harian untuk beriklan dan pastikan pengeluaran tidak melebihi anggaran tersebut. Jika tidak, Saudara  akan menyesalinya.

Sekian 8 Tips Membuka Bisnis Rumahan yang Ideal dan Maknyus. Semoga menginspirasi, terutama menjadi catatan penting untuk membuka bisnis saudara. Salam MASYIS Blog Lokal Kebumen

Sumber
sba.gov/writing-business-plan
sba.gov/content/home-based-businesses
inc.com/articles/2000/03/17919
extension.umaine.edu/publications/4190e


Artikel Terkait

Previous
Next Post »