Pantai Legend Beribu Kenangan, Itu Pantai Petanahan

Mei 29, 2017
Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan

Siapa yang tidak tahu pantai yang satu ini, Pantai legendaris dan beribu kenangan. Pantai petanahan ini bisa dikatakan pantai pertama / legendaris di kebumen di zaman emasnya, dahulu pantai ini paling banyak pengunjung hingga beribu-ribu orang lokal dan luar daerah kebumen berbondong-bondong berwisata di pantai ini, pada tahun 1990-an. dahulu Pada hari liburan pantai ini ramai di kunjungi, apalagi liburan idul fitri orang-orang rela berdesakan hingga beratus meter dan membuat kemacetan kendaraan sepanjang -+ 6 Km dari pasar Petanahan hingga jalan masuk Obyek wisata ini.

Pantai petanahan memang terkenal legendnya, akan tetapi sekarang mulai berkurang pengunjung entah itu disebabkan para pesaing baru seperti pantai-pantai baru di sekitarnya atau ada hal lain yang menyebabkan pantai ini sepi, yang jelas Pantai yang satu ini sudah mendapatkan hati di masyarakat kebumen.

Pantai ini sudah di kelola pemerintah daerah kebumen.
Pantai petanahan terletak di desa karanggadung, kecamatan Petanahan, untuk akses jalan hanya ada satu jalan besar yaitu jalan Pasar Petanahan lurus ke selatan sampai mentok atau sekitar 6 KM dari pasar petanahan. akses jalannya pun mudah meskipun ada jalan yang berlubang tetapi tidak begitu parah.
 
Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Tempat parkir dan berteduh
Untuk tiket harganya umum seperti wisata-wisata milik pemerintah lainya sekitar 10 ribu termasuk jasa parkir.Untuk  fasilitas umum yang di berikan pun kumplit, seperti parkir, MCK, tempat solat, tempat bersantai, tempat berteduh, ayunan dan tempat bermain anak. Untuk fasilitas penginapan belum tersedia.
 
Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Fasilitas Umum
Lalu apa saja yang bisa di nikmati pantai legend ini:

Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Pantai petanahan
Gulungan ombaknya dan hamparan air laut yang begitu sangat luas pun patut kita nikmati. Pantai petanahan termasuk pantai yang dangkal diantara pantai yang lainya. Tetapi tetap saja ombak besar dan ada warning “ DI LARANG MANDI DI LAUT” karena berbahaya. Seperti pada umumnya pantai di pesisir selatan seperti pantai petanahan juga menawarkan Sunrice dan Sunset di saat matahari seakan diujung selatan.


Pantai petanahan belum menyiapkan tempat selfi  seperti pantai di desa pasir ayah, bopong puring dan lainya. Jika ada pasti lebih banyak pengunjung dan kemungkinan akan ramai kembali “So” karena legend dan sudah ada di hati masyarakt sejak nenek moyang (menurut saya pribadi pantai the legend dan sudah singgah di hati, inilah yang tidak bisa di beli pantai-pantai dan merupakan asset Brand)


Yang kedua adalah Hutan Cemara bagian barat

Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Hutan Cemara
Hutan cemara di pantai petanahan yang terletak di sebelah barat pantai atau dekat dengan pandan kuning. menurut kata dari Alm.. Abah guru saya, dulu pernah mengatakan Pandan Kuning adalah salah satu tempat penobatan pengangkatan para wali.  walaupun di sisi lain cerita ada yang mengatakan ada sejarah sendiri tentang pandan kuning.
Hutan cemara di pantai petanahan terbilang cantik karena benar2 benar terawatt oleh penjaganya, sampah pun jarang di jumpai di tempat ini.

Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Deni D di hutan Cemara barat  


Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Fasilitas umum
Hutan Cemara Tengah

Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen Pantai Petanahan
Hutan cemara tengah sejuk u/ berteduh

Kalau hutan cemara yang di depan lokasi parkir besar atau hutan cemara bagian tengah yang di fungsikan untuk berteduh  juga termasuk bagus dan patut di jadikan tempat berteduh dan santai. Walaupun sedikit kotor mungkin karena begitu ramai orang bergonta-ganti untuk berteduh, dan hal ini mungkin di dukung tulisan “DILARANG JUALAN DI TEMPAT INI”.

Mendoan dan Bumbu Kacang
Seperti pada umumnya pantai meyediakan tempat makan atau warung akan tetapi disini ada yang khas mendoan hangat dengan bumbu yang mudah di jumpai yaitu di sebelah barat, sebelah hutan cemara bagian tengah. Saya rasa mendoan ini cukup nikmat dan bikin ketagihan untuk di jadikan cemilan .

Sekilas sejarah Pandan Kuning Versi Rakyat
alkisah pada masa pemerintahan Mataram dipimpin oleh Sutawijaya, lahirlah seorang gadis yang bernama Dewi Sulastri. Anak Bupati Pucang Kembar yang bernama Citro Kusumo. Ia dijodohkan oleh ayahnya dengan seorang adipati bernama Joko Puring.

Namun Dewi Sulastri tidak mencintai pria tersebut. Ia malah jatuh hati dengan Raden Sujono, seorang abdi di Pucung Kembar. Cinta segitiga pun terjadi antara Dewi Sulastri, Joko Puring dan Raden Sujono. Pada akhirnya, Raden Sujono berhasil mempersunting Dewi Sulastri dan menjadi Bupati Pucang Kembar.

Suatu saat suami Sulastri menjalankan tugas negara memberantas berandal-berandal dan meninggalkan istrinya. Saat itu Joko Puring membawa lari Dewi Sulastri sampai ke Pantai Karanggadung. Ia memaksa Sulastri untuk menjadi istrinya, namun meskipun diancam dibunuh, Dewi Sulastri tidak mengabulkan permintaannya.


Raden Sujono yang mengetahui istrinya dibawa lari datang menuju Karanggadung dan bertempur melawan Joko Puring. Akhirnya ia berhasil merebut kembali istrinya, Dewi Sulastri pun telah membuktikan kesetiaannya kepada suaminya.  


Nah .. sekian Pantai Legend Beribu Kenangan di Kebumen, Itu Pantai Petanahan. Yuk Piknik Ke kebumen dengan ratusan wisata yang perlu saudara jelajahi.
Salam MASYIS Blog lokal kebumen. Paling Inspiratif untuk generasi muda....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »