Cara Ampuh Menikung Pesaing Toko Online

Mei 28, 2017
Pemasaran online Penampilan Harga Produk Pesaing
Hasil riset menemukan bahwa 94 % konsumen online meluangkan waktunya untuk menemukan informasi tentang harga. Seharusnya ketika Saudara menjual produk secara online, maka Saudara wajib mencantumkan harga produk di website Saudara. Manusia membeli karena alasan emosional, kemudian membenarkannya dengan alasan rasional,itu sebabnya, orang sering bersedia membayar sebuah barang yang bisa diperolehnya secara gratis.
Adapun beberapa alasan konsumen akan mencari harga pesaing karena :
1. Rasionalis Harga
2. Uang tidak cukup
3. Menghemat
4. Suka mikir-mikir / Pelit
5. Kebiasaan dan lain-lain.
Jika ditarik dari hasil Riset sebaiknya/seharusnya saudara menampilkan harga produk pesaing di situs. Komitmenya apabila Saudara tidak melakukanya Saudara berpotensi kehilangan pembeli.
Mengapa ?


Pemasaran online Penampilan Harga Produk Pesaing
Logis saja Membandingkan harga adalah perilaku khas konsumen online dan waktu merupakan sumber daya paling berharga bagi manusia. Begitu waktu berlalu, Saudara tidak bisa menariknya kembali. Itu sebabnya, jika kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dalam satu tempat.. kita akan bersyukur sekali entah itu karena kemudahan, kenyaman, kelancaran dan lain sebagainya. Tak terkecuali saat kita melakukan belanja online.
Di Negara Maju atau berkembang para praktisi pemasaran online telah lama mengetahuinya, salah satu perilaku khas konsumen online adalah membandingkan harga antar produsen  termasuk di Negara Indonesia ini. apa lagi orang yang doyan 'ngenyang' sampai nego cincai

Pemasaran online Penampilan Harga Produk Pesaing

Coba bayangkan bila konsumen harus membuang waktu mengunjungi situs penjual satu demi satu untuk melihat harga produk masing-masing.
Tapi bagaimana jika mereka bisa melihat, dan membandingkan harga semua produk sejenis dari berbagai produsen pada satu tempat ? Mereka akan berterima kasih kepada pemilik situs tersebut Pasti. Akhirnya ucapan terima kasih mereka lebih sering daripada tidak salah satunya berwujud dalam tindakan pembelian.

Belum percaya juga, Ini hasil riset yang lain
Hasil riset e-tailingmembuktikannya :
Sebanyak 53% dari konsumen tidak lagi merasa terdorong untuk melakukan perbandingan harga di toko lain, jika penjualnya juga telah menampilkan harga toko pesaing mereka Sebanyak 78% pelanggan cenderung untuk kembali ke pengecer yang menunjukkan harga pesaing di website mereka.

Hasil riset ini menyimpulkan bahwa pembeli memberikan respon positif kepada penjual yang menunjukkan harga pesaing di situs mereka -Konsumen mendapat informasi lengkap tanpa berpindah tempat….Dan setelah semua, itu menghemat waktu mereka.
Ketika konsumen senang, maka penjualan produk Saudara akan mengurus dirinya sendiri…
Tapi sayang sekali, kebanyakan dari merek & perusahaan malah enggan menampilkan harga pesaing di website mereka.
Kebanyakan alasan mereka seperti ini .
Harga produk pesaing saya lebih murah. Bukankah itu akan membuat konsumen lebih memilih produk pesaing saya ?
Jawabannya, belum tentu.
Secara logis
Mengapa Saudara harus menampilkan harga pesaing, terlebih jika harga produk Saudara lebih tinggi ?
Jika Saudara tidak menampilkan harga pesaing, apakah itu akan menghalangi konsumen untuk mencari tahu ? "Jelas tidak".
Konsumen tetap akan melakukan perbandingan harga. Sekali lagi, membandingkan harga merupakan perilaku khas konsumen online. Mereka akan mengunjungi situs-situs pesaing Saudara untuk mencari tahu harga yang mereka tawarkan.
Konsekuensi yang terjadi :
1. jika seseorang meninggalkan situs Saudara, kecil kemungkinan dia akan kembali lagi.
2. konsumen akan membuat perbandingan sendiri dan hampir pasti, untuk produk yang sama, mereka akan memilih produk dengan harga yang lebih murah.
Tapi jika Saudara membandingkan harga pesaing VS harga produk Saudara di situs Saudara, situasinya akan berbeda. Trik Yakinkan dengan menjelaskan
Ketika harga Saudara lebih mahal, Saudara berkesempatan untuk menjelaskan mengapa harga Saudara lebih mahal. Lansung di situs Saudara sendiri dan dengan memakai perspektif Saudara sendiri.
Disitu Saudara bisa memberikan rasionalisasi bahwasanya harga Saudara lebih mahal karena konsumen mendapatkan nilai lebih dari produk Saudara.
Misalnya :
Produk Saudara bebas biaya pengiriman.
Masa garansi Saudara lebih lama yaitu 1 tahun sedangkan pesaing 1/6 bulan
Layanan konsumen Saudara 24/7.
Dengan kata lain, Saudara tidak membiarkan konsumen mencari kesimpulan sendiri di situs lain mengapa harga Saudara lebih mahal.
Bahkan dengan fokus menyoroti nilai dari produk Saudara, harga murah yang ditawarkan oleh pesaing Saudara dapat terlihat lebih mahal

Pemasaran online Penampilan Harga Produk Pesaing

Orang membeli nilai, bukan barang.
Jika Saudara bergerak dalam pemasaran online, Saudara harus tahu ini :
Contoh produk air minum dalam kemasan Aquo atau air minum lokal saudara
Jadi ketika harga produk Saudara lebih mahal, Saudara sebaiknya fokus menonjolkan nilai dari produk Saudara sebelum mencantumkan harga.
Disini nilai produk Saudara bertugas untuk menyentuh titik emosional konsumen. Setelah mereka merasakan besarnya nilai produk Saudara, mereka cenderung akan merasionalisasikan sendiri, mengapa mereka tetap membeli dari Saudara padahal harganya lebih mahal.

Tips
1. Sebelum menentukan harga sebaiknya saudara browsing untuk mengecek situs-situs pesaing. Periksa besaran harga mereka. Apa saja nilai yang mereka tawarkan kepada pelanggan untuk harga sebesar itu / catat kekurangan dan kelebihan pesaing saudara


2. Cantumkan harga produk Saudara versus harga pesaing Saudara dalam satu halaman Biarkan pelanggan membandingkannya lansung pada satu tempat.
Apakah harga Saudara lebih murah, sama, atau lebih mahal, yang harus Saudara lakukan adalah fokus menyoroti nilai dari produk Saudara


3. Gambarkan dengan jelas, bahwa konsumen yang membeli dari Saudara akan mendapatkan nilai dan manfaat lebih banyak dari harga yang mereka bayarkan.

Nah.... sekian, Pemasaran online Pentingnya Menampilkan Harga Pesaing. Semoga bermanfaat dan mudah di aplikasikan dalam pemasaran Online Maupun Ofline. Sama saja jika ofline katakan/bisikan jika lebih mahal produk/jasa saudara karena lebih berani bersaing dan lebih berkualitas. Salam Blog lokal kebumen MASYIS blog inspiratif untuk generasi kawula muda dan kebaikan ekonomi kebumen.  

ditulis 3 jam hari ini

Sumber pendukung
IM Rusdianto, Pemasaran Online 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »