Strategi Konten Viral, Apa Itu Viral dan Keuntungan yang harus…..

Mei 08, 2017

Facebook, Youtube, Blog, Instagram, Twitter semua sosmed laris bisa di viralkan.
Viral adalah suatu teknik komunikasi yang memanfaatkan jaringan sosial untuk mencapai suatu titik tujuan tertentu melalui proses komunikasi berantai dari satu ke yang lainnya atau terus menyebar. Viral bisa saja seperti virus yang dapat dikategorikan ke dalam terminologi dunia komunikasi bergantung dengan konten yang akan disaji dan di sampaikan, jika isi dari konten tersebut dirasakan bermanfaat maka akan disebarluaskan kepada publik lainnya begitu seterusnya.

Pesan yang disampaikan dalam viral sangat berpengaruh terhadap kesan yang akan diterima oleh publik. Jika pesan tersebut bermanfaat dan menarik tentunya akan memberikan kesan positif dan tanpa disadari mereka akan menyampaikan kembali pesan tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu kata Viral cocok didefinisikan sebagai "strategi untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap sebuah brand melalui informasi berantai atau yang biasa kita kenal dengan teknik word of mouth atau mulut ke mulut”

Kata Viral kemudian digunakan bersama dengan kata go, dan jadilah go viral, yang kurang lebih berarti menyebar dalam sekejap melalui Internet atau media lain. Maka, ungkapan ini hanya bisa digunakan untuk menjelaskan popularitas konten tertentu yang terjadi secara cepat, bukan konten yang mungkin juga sama populernya, tetapi memakan waktu berbulan-bulan untuk sampai ke puncak tangga popularitas.

Viral gampangnya Ngartis Sesaat

Indonsia demen banget dengan konten viral ?
Ada beberapa beberapa sebab mengapa orang-orang demen yang namanya Viral, walaupun nenek moyang The Java sudah berulang kali mewariskan pesan “ nang jaman ngarep kue, dadi wong kue aja gumunan”.

Viral kok demen banget ?
a apakah orang Indonesia itu mempunyai sifat cepat bosan ?
b.atau orang indo itu cepat melupakan hal kemarin ?
c. atau orang Indonesia demen yang namanya ikut-ikutan ?
d atau mangsa pasar dari salah satu actor tertentu
dari beberapa pertanyaan diatas lebih baik kembalikan ke individu masing-masing dengan menyadari dan mengetahui akan kapasitas dirinya.
Setidaknya kita tidak menjadi korban viral yang sama sekali tidak berhubungan dengan pribadi saudara.


Manfaat Viral
Viral tergantung kemana arah yang akan di capai, yang jelas saudara harus mendapatkan lebih dari hasil viral tersebut.
1. Pendapatan meningkat
2. Follower bertambah
3. Pengunjung tetap
4. Pemasaran
5. Intinya yang berkenaan dengan profit pendapatan atau Uang

Viral = Peluang
Viral mirip dengan Strategi perang
Membuat konten Viral memang memerlukan strategi khusus mulai dari pengamatan public, sasaran, tema, timing, sampai titik keberhasilan viral tersebut mirip dengan strategi perang.

1. Bikin Judul yang setiap orang pasti Gregetan dan ingin mengeklik

2. Isi sepadan dengan Judul atau ada kualitasnya.

3. Di dorang momentum dan Timing saat saat tertentu hasil dari jerih payah pengamatan public ataupun arus media utama.

4. Bumbu penyedap yang wajib yaitu lombok atu mrica atau Emosional ‘ setidaknya yang membaca terwakilkan oleh konten yang saudara hadirkan.( riset)
5. Seolah-olah senasib atau dekat dengan keadaan mereka

6. Target list orang-orang yang akan mendukung  konten saudara. Biasanya orang pendidikan rendah, mudah marah, provokatif, suka sensasi dan kegalauan lainya. Sebaiknya meng list target pertama untuk membantu ikut share.

Belum berhasil juga ?
7. Sediakan Team Viral atau orang yang siap meng-Viralkan melalui komunitas atau serikat lainya.

Belum Berhasil juga?
Berarti saudara belum lama duduk di depan komputer yang terkoneksi wifi dan menikmati konten youtube dan korban dari fanspage facebook (justkidding)

Belum berhasil juga ?
8. Beli aja Url konten yang lagi trend siapa tau bukan orang I M yang buat. Saudara lagi berutung untuk memenuhi kebutuhan saudara entah itu penjualan, trafik, uang maupun di jual kembali.

Belum berhasil juga
9. Amati contoh kasus viral dan belajar lagi.

Sekian Strategi Viral, Apa Itu Viral dan Keuntungan  Viral ?  sayangnya saya pribadi tidak suka Viral meski saya dahulu pemain Viral di youtube. Bacaan ini ada 5 poin yang di ambil dari blog strategi manajemen net
Saran
Buatlah Viral yang Tidak Akan Bacin dan bersifat Positif
Salam MASYIS “semoga bacaan ini bermanfaat bagi saudara”

Di tulis  2 jam di jam ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »