Begini, Strategi Awal Menjalin Hubungan dengan Pelanggan Bisnis

Mei 19, 2017

Aset tidak hanya berupa jumlah total modal yang dimiliki oleh pengusaha, akan tetapi pelanggan yang potensial dan loyalitasnya tinggi juga sangat penting untuk diperhatikan. Modal bagaikan suami dan pelanggan adalah istri kedua wajib sebaiknya harus sama kuat, kemudian munculah anak sebagai profit.  Strategi untuk menjalin hubungan dengan pelanggan ini mudah di aplikasikan.

Pada akhirnya bacaan ini dikira sangat penting bagi pemilik usaha maupun saudara yang akan terjun dalam dunia usaha atau bisnis untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Jangan sampai saudara salah dalam menggaet pelanggan yang nantinya akan menjadi pelanggan yang potensial pada usaha saudara.

Untuk lebih baiknya catat dan jadikan note tersendiri, berikut awal strategi menjalin hubungan dengan pelangganyang top markotop:

1. Berusahalah mengenal pelanggan secara personal. Pelanggan biasanya lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang sudah mereka kenal dan bisa berinteraksi dengan baik. Maka, Saudara perlu mengenal pelanggan secara personal.

2. Saat bertemu pelanggan, sempatkan mengobrol untuk menanyakan beberapa hal tentang perusahaan dan sapa menayakan kabar, misalnya: produk atau layanan apa saja yang ia butuhkan, apakah ada masukan yang ingin ia sampaikan, apa kelebihan dan kekurangan bisnis yang Saudara kelola.

3. Berusahalah menghafalkan nama pelanggan, anggota keluarganya, dan aspek personal lainnya sebab akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

4. Catatlah secara mendetail umpan balik yang pelanggan sampaikan agar Saudara bisa memahami dengan baik apa yang pelanggan alami.

5. Adakan acara khusus sebagai kesempatan bertatap muka dan mengenal para pelanggan secara personal. Mintalah mereka mengajukan pertanyaan dan memberikan saran agar Saudara memahami keinginan dan kebutuhan mereka secara spesifik.

6. Simpanlah data pelanggan dengan membangun basis data yang terdiri dari nomor telepon, alamat rumah, dan alamat e-mail.

7. Saudara bisa memberikan respons dan layanan yang lebih baik jika menyimpan data pelanggan secara lengkap dan mendetail.

8. Basis data pelanggan yang baik terdiri dari nomor telepon, alamat rumah, dan alamat surel. Selain itu, Saudara harus memiliki data preferensi pelanggan, perilaku pembelian, riwayat pesanan, dan indeks kepuasan pelanggan yang mencerminkan performa perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan

9. Pelajari preferensi dan kebutuhan pelanggan dengan menganalisis data yang diperoleh melalui survei, jajak pendapat, dan kuesioner. Informasi tersebut sangat bermanfaat sebagai umpan balik tentang performa perusahaan untuk mengetahui hal-hal yang pelanggan inginkan dan aspek yang perlu diperbaiki.

10. Pelanggan yang merasa diperhatikan dan didengarkan cenderung lebih suka berinteraksi dengan Saudara dan perusahaan Saudara, misalnya melalui survei, jajak pendapat, dan kuesioner. Cara tersebut membuat pelanggan memilih perusahaan Saudara untuk melakukan transaksi bisnis.

11. Aspek lain yang berperan penting dalam menjalin dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah kepuasan karyawan. Berusahalah mencari tahu tingkat kepuasan karyawan dan mintalah mereka memberikan saran perbaikan kepada manajemen.

12. Manfaatkan saran tersebut sebagai umpan balik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

13. Lakukan riset pelanggan untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas hubungan antara pelanggan dan  perusahaan, lakukan evaluasi penerapan prosedur dan performa perusahaan. Selain itu, Saudara perlu mengumpulkan informasi melalui riset pasar untuk mengetahui hal-hal mendetail tentang pelanggan. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dengan menanyakan apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan. Tanyakan juga seberapa besar tingkat kepuasan mereka agar Saudara bisa memperbaiki hubungan dan meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh.

14. Pelajari pangsa pasar tertentu dengan menganalisis hasil riset pasar yang berlaku umum untuk mengetahui kondisi pasar dan memperoleh informasi yang bisa Saudara manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hubungan bisnis dengan pangsa pasar dalam demografi tertentu.

15. Gunakan program analisis bisnis dan komputer untuk mengumpulkan informasi sehingga Saudara bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif.

Tips
*Jangan bersikap negatif kepada pelanggan. Berusahalah memahami apa yang ia sampaikan, meskipun berdasarkan asumsi yang keliru atau informasi yang tidak akurat.
*Katakan hal-hal penting yang pelanggan ungkapkan dan tanyakan apakah Saudara sudah memahami penjelasannya dengan benar.
*Tentukan tanggal dan jam berapa Saudara akan memberikan jawaban agar pelanggan merasa didengarkan dan bisa mengharapkan solusi yang nyata.
           
Sekian Strategi Menjalin Hubungan dengan Pelanggan Yang Top Markotop, semoga bermanfaat. jangan lupa langganan artikel Blog  MASYIS 

Sumber pendukung
bloomberg.com/bw/stories/2007-06-01/building-customer-relations-by-listeningbusinessweek-business-news-stock-market-and-financial-advice
inc.com/guides/201101/how-to-build-better-business-relationships.html
allbusiness.com/slideshow/ten-tips-to-build-customer-loyalty-16675686-1.html/2
marketingdonut.co.uk/marketing/customer-care/understanding-your-customers
mallbizdaily.com/21233/creating-repeat-business-customer-relationships/
dll....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »