5 Cara Paling Mudah Membangun Loyalitas Pelanggan Lewat Keluhan

Mei 13, 2017
Menangani Masalah dan Keluhan adalah salah satu membangun loyalitas pelanggan, Bagaimana tidak ? Pelanggan bisa saja lari apabila komplain seperti  keluhan dan masalah yang sepele tidak di tanggapi dengan baik oleh pemilik bisnis maupun karyawan. Menangani masalah dan keluhan pelanggan harus di tangani secepat mungkin. Berikut cara menangani masalah dan keluhan yang akan membantu saudara 

1 Buat diri Saudara  mudah diakses.
Pelanggan perlu mengetahui cara untuk menghubungi Saudara , dan Saudara  harus benar-benar bisa dihubungi melalui sarana tersebut. Kemungkinan besar mereka akan tetap menjadi pelanggan setia jika mereka percaya bahwa Saudara  ingin terhubung dengan mereka. Aturlah agar pelanggan mudah menemukan informasi kontak Saudara, cetaklah informasi tersebut di tanda  terima, pastikan kontak Saudara  mudah ditemukan di situs web, dan sebagainya.

2 Sediakan saluran komputer atau telepon untuk mengatasi masalah-masalah kecil.
Tergantung tingkat kerumitan masalahnya, pelanggan cenderung mempunyai pilihan berbeda mengenai cara penanganan masalah dengan bisnis Saudara . Sebagai contoh, banyak pelanggan tampaknya lebih memilih untuk menggunakan surel atau situs perusahaan untuk masalah-masalah kecil, seperti mencari produk, daripada terpaksa bicara di telepon atau pergi ke tempat Saudara  untuk bertemu dengan seorang karyawan yang bisa membantu mengatasi keluhan.

3 Pastikan bahwa pelanggan dapat bertemu atau berbicara dengan seseorang di tempat Saudara .
Untuk masalah yang lebih sulit seperti permasalahan biaya,banyak pelanggan frustrasi dengan sistem otomatis dan ingin agar mereka dapat bicara dengan orang yang nyata. Pastikan jika pelanggan menelepon tempat usaha Saudara , mereka dapat dengan cepat terhubung dengan orang yang dapat membantu mereka. Jika mereka datang ke toko, pastikan mereka langsung diarahkan ke orang yang tepat yang dapat menangani persoalan mereka.

4 Latihlah karyawan Saudara  untuk responsif dan perhatian.
Penting bagi Saudara  dan karyawan untuk bersikap sopan kepada pelanggan sepanjang waktu, tetapi memperlakukan pelanggan dengan respek akan semakin vital bila mereka mengajukan permasalahan atau keluhan. Keluhan terbesar pelanggan yang membuat mereka meninggalkan untuk merk atau jasa lain adalah representatif pelayanan pelanggan yang kasar dan tidak responsif, dan dilempar dari orang yang satu ke yang lain tanpa resolusi bagi masalah mereka.

5 Selesaikan masalah dengan cepat dan efisien.
Walaupun Saudara  berusaha untuk menjalankan bisnis dengan mulus, dan melakukan yang terbaik untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan, pasti tetap ada masalah yang harus Saudara  selesaikan. Ketika ada masalah yang  ke hadapan, penting sekali untuk menyelesaikannya sesegera mungkin. Biarkan pelanggan Saudara  mengetahui bahwa permasalahan mereka merupakan prioritas utama.

Sebagai contoh, katakanlah model mesin cuci yang salah telah diantar dan dipasang di rumah keluarga Paijo pada hari Jumat. Yakinkan mereka bahwa Saudara  pribadi yang akan mengawasi penyelesaian masalah tersebut, dan bahwa masalah itu akan ditangani hari Sabtu.

Sekian Totalitas Membangun Loyalitas Pelanggan dengan cara menangani Keluhan. Menangani Masalah dan Keluhan adalah salah satu membangun loyalitas pelanggan yang harus di selasaikan dengan  cepat jangan sampai Pelanggan saudara menyesal atas perlakuan saudara. Salam MASYIS  


Sumber Pendukung :
forbes.com/sites/alexlawrence
about.americanexpress.com/news
sba.gov/blogs
allbusiness.com/slideshow
entrepreneur.com/article
blog.kissmetrics.com/

wiki how/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »