3 Kriteria Foto Yang Menjual dan Bikin Laris

Juni 01, 2017
3 Kriteria Foto Yang Memicu orang membeli
Riset MDG Advertising menemukan, 67 % konsumen mengatakan FOTO ‘Sangat Penting’ ketika memilih produk di toko online. mengapa foto produk sedemikian penting ? Bagian dari otak manusia yang bertugas mengambil keputusan – termasuk keputusan membeli atau tidak – disebut otak tua (Reptilian Brain). Kelemehan otak tua ini sama sekali.tidak mengenal kata-kata hanya bahasa visual satu-satunya dimengerti otak tua. Karena itu, visualisasi produk satu-satunya cara mempengaruhi bagian otak maha kuasa ini.

Sebagai dropshipper, Saudara tidak kuasa mengontrol kualitas foto produk dan disinilah masalah 99 % dropshipper ataupun penjual toko online langsung. Jika saudara hanya seorang dropshipper berarti Saudara tergantung sepenuhnya pada foto yang tersedia di website supplier.

Jika supplier menyediakan foto jelek, maka bisnis dropshipping Saudara mungkin tidak sempat merayakan kesuksesan ulang tahun pertamanya.

Hari ini konsumen dengan mudah membandingkan toko online hanya dalam satu klik. Jadi tak ada pilihan tersisa, kecuali mensejajarkan kualitas foro produk Saudara dengan seluruh online shop yang ada Atau bahkan foto produk di toko online Saudara akan terlihat seperti pecundang dihadapan foto berkualitas tinggi yang dimiliki toko pedia, Lazada, buka lapak atau start up bakar duwit lainnya.

Dengan kata lain, kemauan supplier menyediakan foto produk berkualitas menentukan Saudara bertahan atau tersingkir dari pasar e-commerce.

Sukses tidaknya bisnis dropshipping Saudara tergantung pada kualitas foto produk yang disediakan supplier.

Adapun 3 kriteria foto yang memicu orang membeli dan saudara butuhkan adalah sebagai berikut

1. Latar belakang satu warna
Sebagain besar orang memilih warna putih
Selain putih, warna abu-abu & hitam bisa jadi alternatif, selama Saudara konsisten. Artinya sekali Saudara memilih satu warna latar belakang, gunakan warna yang sama pada seluruh foto produk Saudara.

Jangan biarkan kehadiran satu atau lebih warna atau unsur lain menyita perhatian pengunjung dari produk itu sendiri yang menyebabkan gagal fokus.
 
Amazon

2. Jelas & besar
Banyak pengunjung melihat foto produk pertama kali pada homepage, atau halaman kategori sebelum lanjut ke halaman produk.
Dengan toto beresolusi tinggi, produk Saudara akan terlihat jelas meski dalam ukuran thumbnail (90 x 90px atau 150 x 150px).

Sedangkan di halaman produk, resolusi tinggi mampu menampilkan setiap detil produk Saudara – misalnya tekstur permukaan -. Efek ini menambah kesan ‘nyata’ produk Saudara dibenak konsumen. 

Hindari menggunakan foto thumbnail dari halaman kategori pada halaman produk Saudara – Sayang sekali, masih banyak toko online melanggar aturan ini.

Besar ukuran tergantung pada platform toko online yang Saudara gunakan. Namun ukuran stSaudarar foto di halaman produk berkisar antara 640 X 640px sampai 800 X 800px.
contoh foto produk dropshipping 2

Nilai sendiri

Ingat : Foto kabur dan berukuran kecil mengundang kecurigaan konsumen. Dan konsumen yang curiga tidak membeli.

3. Objek tunggal
Produk Saudara mestilah satu-satunya tokoh utama dalam sebuah foto.
Sedapat mungkin konsumen hanya boleh melihat produk Saudara. Jika Saudara menampilkan objek lain (lihat screenshot 1), berarti Saudara sengaja mengalihkan perhatian pengunjung dari objek utama. Produk Saudara. Selain itu, hindari menggunakan foto produk yang direkam dari berbagai sudut, lalu dijejalkan dalam satu bingkai, seharusnya di buat Preview di dekat produk saja , ketika orang mau melihat detail keseluruhan.

Tidak Baik

4. Jika Perlu Ambil gambar 3 D dan Klik Zoom bahkan ada yang Gif dan Video
Kebanyakan orang lebih tertarik pada visual 3 D dari pada 2 D. E-commerce di tanah air semua menggunkan fitur ini bahkan mereka menyediakan tempat untuk foto 3 D tersebut. Jika memang perlu menggunakan 3 D dan Klik Zomm seperti pengambilan foto sepatu baju, hanphone,elektronik dkk sebaiknya lakukan sekarang.
contoh Video /Gift  di Amazon



Tentu saja masih ada kriteria lain untuk menilai kualitas foto produk. Tapi jika supplier Saudara mau memenuhi 3 kriteria diatas, maka angka penjualan Saudara saat ini punya potensi melejit.

Bagaimana jika foto supplier saat ini tidak memenuhi kriteria ?
Berhenti menunggu sampai supplier Saudara menyadari sendiri hal ini.
Sebaiknya Saudara proaktif, karena setiap hari yang berlalu adalah hari dimana Saudara menyia-nyiakan traffic toko online Saudara.

Sekian 3 kriteria foto yang memicu orang membeli. Kamu yang terbaik dan lebih bisa. Salam Blog Lokal MASYIS Blog Isi daging semua :) 

Ditulis 3 jam hari ini

Sumber pendukung :

Artikel Terkait

Previous
Next Post »