6 Kesahalan Dasar Youtuber yang Mengakibatkan Fatal, View Turun dan Unsubscribe

Juni 08, 2017

6 Kesahalan Dasar Youtuber yang Mengakibatkan Fatal, View Turun, Unsubscribe
Flashback diTahun silam, YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya. YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal dan akhirnya Google mencetak sensasi dengan mengakuisisi YouTube senilai $1,65 miliar atau setara Rp 16,5 triliun (kurs/2006).

Dua tahun kemaren atau pada tahun 2015, tercatat perkembangan YouTuber di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup “waow” yaitu mencapai 600% dibanding di tahun-tahun sebelumnya, dapat dikatakan, Indonesia adalah salah satu negara dengan persentase pertumbuhan YouTuber terbesar di dunia.

"Ya" Baik dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai kakek-nenek pun dapat bekerja sebagai seorang YouTuber, tak ada keahlian atau modal khusus untuk menjadi seorang YouTuber seperti pelamar kerja pada umumnya youtube tidak membutuhkan ijasah youtube hanya membutuhkan kreatifitas para creatornya. Maka dari itu, hanya video yang menarik dan berkualitas tinggi-lah yang akan dapat mendapatkan viewers, subscriber di YouTube. Sedangkan bagi mereka yang hanya mengupload video ala kadarnya, mereka hanya dapat mendapat sisa-sisa dari viewers tersebut.

lalu Kesalahan apa yang di lakukan para youtuber sehingga viewer berkurang dan subscriber jadi unsubscribe. Berikut kesalahan dasar yang menyebabkan pelanggan kabur.

1. Video yang Anda upload kurang diminati para Netizen / Video terkesan membosankan / tidak menghibur.

Ingat saudara belum jadi artis seperti Raditya dika, bayu skak, dedy corbuser, dkk yang subscribenya jutaan. bahkan mungkin hanya mengandalkan gaji dari Google Adsense.

Sebagai Youtuber saudara tahu mana yang hasil video berkualitas dan mana yang tidak, jangan-jangan di buru setoran tayang saudara mengurangi kualitas. Kualitas di sini di maksudkan dengan thema youtube saudara, jika saudara ingin menghibur tawa maka kualitas tawa yang perlu di pertimbangkan. Video inspirasi yang menghibur maka video inspirasinya benar-benar berkualitas.

2. Kualitas video yang rendah
Jangan kasih video di bawah 360 MP ke bawah kepada calon viewer, jika berniat membuat video berikan kualitas min 720 MP. kecuali saudara hantu youtuber yang sukanya nikung sana-sini dengan modifikasi kemudian reupload dan jangan campurkan video 360 + 720 atau sebaliknya.
Perhatian juga :
- Editing, tehnik pengambilan shott
-SFX (Sound Effect) tidak pas/kurang menarik bahkan tidak nyambung
-BGM menarik(Background Music)  tidak pas/kurang

3. Kurangnya optimasi
Optimasi yang perlu di perhatikan adalah
-Membuat judul
Belajar dari judul channel/ Judul video yang heboh karena di situ letak ilmu yang mereka gunakan.
-Memilih thumbnail
Thumbnail jika tidak ada buat dengan cara mengedit video yang unik sesuai judul.
-Kurang Manfaatkan Annotations (Saran video)
Anotasi sebaiknya 2 saja jangan terlalu banyak karena akan membingungkan para viewer dalam memilih sesuka hati.
- title tag kebanyakan tapi tidak ada nilainya.
Ini biasanya terjadi karena kurang mengenal dunia SEO, di kira Taq semakin banyak semakin baik malah tidak ada kualitas Pagerank-nya. Pilihlah title taq yang kuat/ booming/ jangan lupa sesuaikan dengan tema saudara.

4. Gagal Fokus / Tidak menentukan sebuah topik untuk dibahas di channel
Cerita apa yang saudara sajikan ? menarik ? biasa ? atau bahkan gado-gado.
Konsistensi dengan topik yang sudara angkat / sajikan lebih ampuh untuk memikat para Viewer  
jika video pendek ya video pendek jangan dengan Vlog maupun gaming, dkk

5. Jadwal update video yang tidak teratur
Seperti bayuskak yang baru tobat karena sibuk jadi artis. Kemudian minta para new subscriber tembus 1 juta baru membuat jadwal upload video walaupu dulu pernah membuat jadwal aktif. Lakukanlah jadwal upload video secara teratur ini adalah metode pemanjaan Subscriber atau konsekuensi dalam berkarir di youtuber,

6. Tidak/ Kurangnya melakukan promosi/ terlalu banyak promosi langsung.
Lakukanlah promosi online/ofline dengan tertarget. Lebih baik gunakan metode trafik Organik karena Google dan Youtube lebih suka dari pada Share di Medsos yang bukan milik anak perusahaan Google maupun kerabat Youtube.

Viewer akan bosan dengan kebanyakan promosi apa lagi pas Live karena ini menggagu kenikmatan Viewer

Gunakan interaksi yang baik dengan para comentator/fans. Jangan sekali sok ngartis dan terlalu wah dan menghina coment/subscriber . Saya yakin semua orang tidak suka di berlakukan akan hal ini.

6 Kesahalan Dasar Youtuber yang Mengakibatkan Fatal, View Turun, Unsubscribe

Ingat Viewer adalah Aset Pertama Saudara sebelum klik Ber-langgan

Akibat fatalnya adalah pendapatan GA menurun dan  parahnya saudara hengkang dari per-Youtuban.

Sekian 7 kesahalan dasar Youtuber yang mengakibatkan fatal, Viewer turun, Unsubscribe di Youtube tentunya bersama Tipsnya karena saya lebih suka memberi tips dari pada tantangan. Ke 7 adalah garis besar yang perlu di uraikan silahkan di uraikan dan jika perlu di catat di jadikan Note dalam video saudara. Salam Blog Ngapak MASYIS Kebumen


Di tulis 3 jam  pada hari ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »