Kelebihan dan Keuntungan Pemasaran Menggunakan Internet Marketing

Juni 12, 2017

Internet marketing (IM) atau pemasaran internet juga kerap dinamai dengan web marketing, online marketing, e-marketing atau e-commerce yang merupakan pemasaran dari produk atau jasa melalui internet (Hermawan, 2012). 
Sedangkan basis utama pemasar dalam internet marketing adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan Web, dengan tetap berorientasi pada prinsip pemasaran konvensional seperti bisnis ritail-ritail yang harus menerapkan 3 hal yakni tujuan pemasaran, pasar sasaran, dan produk atau jasa yang ditawarkan

Kelebihan Internet Marketing adalah :

1. Biaya pemasaran online lebih murah, bahkan bisa gratis.
Cara berpromosinya lebih fokus dan sesuai sasaran. Ada dua metode beriklan di internet, yaitu dengan membayar per tampil (Pay Per Impression) dan membayar per klik (Pay Per Click). Seperti facebook Ads, Google Adword dan lain-lain

2. Jangkauan target pasar lebih luas.
Internet adalah Jendela dunia, Maka seorang Internet Marketer bisa mencapai seluruh dunia, apalagi dengan tehnik berpromosi melalui sosial media yang dapat menjadi viral dalam waktu sekejap.

3. Konsumen juga di mudahkan karena lebih praktis dalam berbelanja. Orang tidak perlu lagi keluar rumah untuk berbelanja, barang diantar sampai tujuan. Layanan terbaru yang keren adalah Lazada , setelah barang di kirim cukup membayar di depan rumah. Tidak perlu transfer dulu, akan tetapi layanan ini masih dalam area tertentu.

4. Pembeli bisa menelusuri produk yang diminati dengan membandingkan, dan memilih produk sesuai keinginan dengan lebih mudah dan cepat.

5. Melalui internet marketing, pengusaha berkesempatan menarik konsumen lebih cepat.

6. Internet marketer lebih mudah mengukur statistik pemasaran melalui promosi. Semua jejak di internet bisa ditelusuri, diukur dan diuji melalui fitur yang telah di sediakan.

7. Menghasilkan keuntungan dalam waktu cepat, karena sistem pemasaran yang efektif dan efisien. Pengusaha juga lebih mudah memberikan harga murah, karena ongkos produksi dapat dipangkas.

Sebaliknya, Kekurangan dari Internet Marketing adalah :
Kepercayaan Konsumen
Dari sisi pembeli, internet marketing tidak dapat menyentuh, mencium, dan melihat langsung produk yang akan dibeli. Itu sebabnya untuk menjaga kepercayaan, penjual perlu memberikan garansi atas produk yang dijual. Kuwajiban uang kembali 100% adalah suatu kewajiaban untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen.
Sedang kan dari sisi pembeli adalah pembeli bisa sesuka hati membatalkan orderan. Risiko ini memang banyak dialami marketer online dan tentu saja merugikan pengusaha.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan penggunaan internet marketing

1 . Kenyamanan

2. Kemudahan Akses dan Pengenalan Produk Yang Lebih Luas
Dengan semakin banyaknya kustomer di seluruh dunia yang mengandalkan internet dalam segala hal dari belanja dan hiburan hingga penelitian dan pendidikan, mudah saja bagi calon kostumer untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis anda maupun atau produk dan jasa yang ditawarkan secara online sesuai dengan keinginan mereka

3. Akses Yang tidak Terbatas
Keuntungan Internet marketing adalah Akses yang tak terbatas ruang dan waktu ini memungkinkan kustomer dari berbagai macam tempat di belahan dunia untuk mengakses situs yang anda gunakan, mempromosikan bisnis serta melakukan transaksi tindak lanjut dalam pembelian produk atau jasa kapanpun dan dimanapun mereka berada selama mereka memiliki akses internet.

4. Menekan Biaya Promosi.
Coba saja saudara iklan di kebumen ekspres dengan menggunakan iklan cetak Untuk Iklan 7 Full Color / Iklan banner (halaman Soccer/ekonomi bisnis harganya 2 x lipat dari tarif lainya yaitu ukuran 7 kolom x 250 mm atau sekitar setengah halaman di hargai 4.000.0000 untuk 15 X terbit (/2016). Sedangkan di Internet marketing seperti facebook Ads suadara bebas menentukan harga dan target jangkauan

5. Pemasaran Untuk Jangka Panjang dan Menjangkau Target Pasar Yang lebih Efisien
Menjangkau target pasar ini bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya saja dengan mempromosikan produk untuk komunitas tertentu dengan forum-forum online atau berbagai macam sosial media.

Sumber pendukung

tipsserbaserbi. blogspot.co.id/2016/03/pengertian-dan-manfaat-internet- 
klikmania. net/manfaat-dan-hasil-didapatkan-internet-marketing/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »