Kiat Menjaga Motivasi dengan 2 Langkah

Juni 10, 2017
Kiat Menjaga Motivasi dengan 2 Langkah

Motivasi adalah bahan bakar terpenting dalam kehidupan. Mengapa dan karena apa saudara melakukan sesuatu hal seperti bekerja, sekolah, berbisnis,  berumah tangga dan bahwasanya kehidupan sehari-hari membutuhkan motivasi dari hal sederhana dan terpenting. Motivasi diri sangat di perlukan sebagai landasan dorongan seseorang untuk menggapai apa yang di inginnkanya.
Motivasi dalam diri memang sudah di benahi akan tetapi terkadang manusia lemah dan terperdaya oleh gangguan yang menghambat dirinya.
Lalu bagaimana menjaga motivasi dari sisi luar diri agar tetap fokus dalam menggapai suatu target/tujuan?

Berikut adalah tips kiat menjaga motivasi yang mudah di aplikasikan.

1. Tulis catatan atau jurnalkan untuk sarana memantau progres. Selain itu, catatan bisa digunakan untuk mengukur seberapa jauh Saudara menyimpang dari rencana awal (penyimpangan adalah hal yang wajar), tetapi jangan khawatir jika hal ini benar-benar terjadi. Banyak orang berhasil mencapai tujuan dengan menulis catatan sebagai langkah pertama.

Catatlah semua yang sudah Saudara lakukan agar bisa dievaluasi. Jika Saudara membuat catatan berupa lis, akan terlihat apakah Saudara membebani diri sendiri dengan aktivitas yang berlebihan sehingga Saudara kehilangan semangat sebelum mencapai tujuan. Adakalanya, keinginan kita tidak realistis, tetapi ini bukanlah hal yang buruk. Bagaimanapun juga, Saudara harus bersikap realistis saat mempertimbangkan kemampuan mental untuk melakukan berbagai aktivitas.

Catatlah rencana yang sudah Saudara tuntaskan. Setelah selesai menulis berbagai aktivitas dalam jurnal atau catatan yang lain, buat daftar baru untuk mencatat kesuksesan kecil. Cara ini bisa digunakan untuk memantau berapa lama Saudara menyelesaikan hal tertentu. Jangan ragu menyesuaikan target agar Saudara akan lebih mudah meraih kesuksesan dengan jadwal yang lebih terukur.

Rayakan keberhasilan Saudara dengan mencoret rencana yang sudah terlaksana! Hal ini menunjukkan bahwa Saudara sudah melakukan langkah yang diperlukan dengan baik untuk mencapai tujuan yang sudah Saudara tentukan. Hargai kesuksesan kecil dengan merayakan setiap pencapaian dalam mewujudkan mimpi/target tertentu.

2. Lepaskan catatan rencana kegiatan dari buku jurnal lalu letakkan di tempat yang mudah terlihat, misalnya: saat Saudara ingin pergi bekerja atau sebelum tidur malam. Catatan ini membuat Saudara selalu teringat pada tujuan setiap kali Saudara melihatnya.
Adanya pengingat berupa benda yang nyata membantu Saudara menyadari bahwa apa yang ingin Saudara lakukan harus selalu diingat.

Saudara akan tetap melakukan hal-hal yang terarah pada tujuan dengan membaca catatan tersebut setiap hari. Cara ini membuat Saudara terbebas dari pengalih sehingga Saudara mampu mencapai target dan kesuksesan kecil.

Berusahalah mengingat janji kepada diri sendiri. Komitmen tertulis yang dibaca setiap hari akan sulit dilupakan. Saudara tidak bisa mengabaikan fakta bahwa komitmen tertulis merupakan bukti bahwa Saudara sudah memutuskan sendiri cara meraih kesuksesan.

Sekian  Kiat Menjaga Motivasi dengan 2 Langkah, Semoga mudah di aplikasikan dan bermanfaat. Salam MASYIS.

Sumber pendukung :

  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »