Trafik Invalid View dalam Youtube

Juni 09, 2017

Salah satu poin dan penghargaan terpenting bagi para pembuat konten (creator) YouTube adalah karya mereka dilihat banyak orang sampai seluruh dunia dan ditandai dengan banyaknya jumlah view. jika kontennya menarik biasanya diiringi jumlah subscriber yang semakin Tinggi.

"Ya Youtube lebih dari sekedar Video"
YouTube bukan lagi hanya sekedar layanan video sharing biasa untuk hanya sekedar sarana display kreatifitas, tetapi sudah menjadi wadah bisnis yang luar biasa. Perusahaan-perusahaan baik besar, menengah, maupun kecil menggunakannya untuk sarana marketing, pelaku politik menggunakannya untuk menarik pendukung, akademisi menggunakannya untuk sarana pembelajaran, portal berita menggunakannya untuk menyebarkan informasi dan lain-lain.

Jumlah views ini selain memberikan kebanggaan bagi para pembuat konten seperti menjadi terkenal, juga bisa menghasilkan uang, baik yang dibayarkan oleh pihak YouTube sendiri ataupun melalui pembayaran atau kerjasama dengan pihak ketiga (sponsor). Di sisi lain YouTube harus menjaga wadah yang mereka sediakan dari berbagai kemungkinan "abuse", baik dari sisi konten yang tidak sesuai, maupun dari segi scam berupa view yang tidak autentik. Ada banyak aturan diterapkan bagi pembuat konten oleh YouTube.

YouTube juga menggunakan coding berupa algoritma yang saya percaya dilengkapi AI (artificial intelligence atau kecerdasan buatan) dan machine learning, untuk bisa mem-filter setiap video yang beredar termasuk memastikan jumlah views yang dihasilkan setiap video autentik, disaksikan manusia dan bukan bot atau trik-trik buatan.

Ada beberapa syarat yang tidak diijinkan YouTube menjadi hitungan jumlah view pada video, diantaranya:

1. Jumlah view bayaran, menggunakan layanan dari website tertentu yang dibayar pembuat konten untuk menghasilkan jumlah viewer yang banyak (Ip Address terdeteksi).

2. Website pihak ketiga yang berusaha menipu pengunjung dengan layout untuk mengklik video tertentu.

3. Website yang otomatis membuka jendela baru untuk menjalankan video ketika dikunjungi.

4. Website yang otomatis me-redirect pengunjung ke halaman lain saat tengah mengklik sebuah bagian website, dan menampilkan video lain (dengan paksa).

YouTube akan melakukan pemeriksaan baik dari sisi konten maupun dari sisi view, apakah jumlah view ini autentic benar-benar disaksikan oleh mata manusia, atau hanya sekedar bot. Begitu masifnya angka jumlah video yang diupload setiap hari, tentu pemeriksaan konten dan view ini tidak bisa dilakukan oleh mata orang biasa.

Maka sebaiknya biarkan lalu lintas organik video saudara berjalan sendiri dan saudara jangan kebanyakan share di Sosmed saudara sendiri biarkan orang lain yang mengshare video saudara. terkecuali saudara menggunakan VPN (Virtual Private Network)
Sekian semoga bermanfaat. Sukses Youtuber dalam meraup dollar. salam Blog MASYIS


DItulis kembali 3 jam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »