3 Cara Membuat Tagline Produk Samakin Memikat di Hati Konsumen

September 05, 2017
Tanpa disadari dan sangat berperan, keberadaan tagline produk memang menjadi salah satu alat pemasaran yang bisa memotivasi calon pelanggan untuk mendukung merek produk yang mau dipasarkan. Biasanya, tagline dibuat berbentuk slogan atau frasa kata yang ditampilkan baik dalam bentuk visual maupun verbal.

Keberhasilan Tagline
Akan tetapi sebagai pelaku ekonomi pasar, tentu kita tak bisa asal-asalan menentukan tagline sebuah produk. Sebab, tagline yang baik harus bisa langsung dikenali calon pelanggan dan mampu mewakili betapa pentingnya produk tersebut bagi para calon pelanggan.


Lalu, bagaimana caranya membuat tagline yang unik agar merek atau brand produk kita semakin dilirik konsumen?

Simak beberapa poin cukup penting yang perlu perhatikan ketika membuat tagline untuk merek produk.

1. Siapa Audien Anda ?
Sebelum membuat tagline produk, pahami terlebih dahulu siapa audiens Anda. Hal ini penting agar pesan yang Anda jadikan tagline produk bisa diterima dan dipahami dengan baik oleh calon pelanggan Anda. Contohnya saja seperti merek Adidas yang membidik kalangan anak muda sebagai target pasarnya lebih memilih tagline “Impossible is Nothing” untuk menggambarkan produk-produk yang mereka produksi.

2. Emosi Audien ?
buatlah tagline yang mampu menggugah emosi audiens. Sadar atau tidak, audiens lebih mudah termotivasi dengan tagline produk yang mampu menggugah emosi mereka. Sebab, kalimat yang bersifat emosional mampu menggambarkan merek produk yang dipromosikan dengan lebih jelas. Contohnya saja seperti kalimat “I’m lovin it” yang dijadikan sebagai tagline McDonalds.

3. Sederhana tapi mempunyai arti
Buatlah tagline yang singkat dan jelas. Idealnya tagline produk tidak lebih dari 10 kata. Sebab, tagline yang terlalu panjang hanya akan mempersulit audiens untuk mengingatnya. Contohnya seperti tagline Panasonic yang hanya terdiri dari tiga kata yaitu Panasonic – “Ideas for Life” namun cukup melekat diingatan para audiens atau Motor Yamaha dengan menggunakan tagline "Semakin di Depan" atau pada Smartphone Oppo dengan tagline Phone Camera / Perfect selfy. Koran Nasional seperti Kompas dengan tagline "Amanat Hati Nurani Rakyat"

Kendati tagline produk merupakan deretan kata yang tak terlalu panjang, namun peranannya sangat penting untuk bisa menanamkan merek produk Anda di hati para pelanggan. Gunakan ide-ide segar Anda untuk membuat tagline, karena tagline unik merek produk semakin dilirik. Salam sukses!

sumber pendukung :

Jabat KabanJabat Kaban, ST https://bisnisukm.com/tagline-unik-merek-produk-semakin-dilirik.html

Artikel Terkait

Previous
Next Post »