100 % Karyawan Puas, Pelanggan Puas (CS=ES) Ini Fakta Studinya!

November 27, 2017
Tak peduli Instasi, Swasta, atau Pekerja Apapun lihatlah FAKTA STUDI BERIKUT !
Memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan barangkali merupakan pilihan mutlak yang kudu diambil ketika sebuah entitas bisnis hendak melestarikan kejayaannya.

Di belakangmu ada satu item yang punya peran kritikal namun SIALNYA, selama ini acap kali luput dalam perbincangan mengenai pemenuhan kepuasan pelanggan?
100 % Karyawan Puas, Pelanggan Puas (CS=ES) Ini Fakta Studinya!

Ada satu kunci ketika anda mengiginkan usaha anda terus maju!
Untuk memuaskan pelanggan maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah MEMUASAKAN KARYAWAN. ( dari Dahulu Inilah yang sudah di terapkan perusahaan profit luar seperti dalam sebuah buku Sergey Brin dan Larry Page mengenai google inc mereka sangat memperhatikan karyawan mulai gaji, fasilitas yang super untuk karyawan.

# You can not create satisfied customers without satisfied employees

Pernyataan diatas didukung juga oleh serangkaian studi di berbagai belahan dunia. Penelitian yang dilakukan oleh Dana Jones (1996) misalnya; menunjukkan adanya hubungan yang positif antara customer satisfaction (CS) dengan employee satisfaction (ES). Artinya tingkat kepuasan karyawan Anda berbanding lurus dengan tingkat kepuasan pelanggan yang Anda miliki — semakin puas karyawan Anda, maka semakin tinggi juga tingkat kepuasan pelanggan Anda, dan sebaliknya.

Temuan serupa juga dikenali dan dimanfaatkan oleh Sears Roebuck, sebuah perusahaan retail terkemuka dari USA. 
Dari survei tahun yang dilakukan, mereka menemukan bahwa rating kepuasan karyawannya amat menentukan tinggi rendahnya rating kepuasan pelanggan mereka, dan pada ujungnya berpengaruh terhadap tingkat profit yang mereka peroleh. Karena itu, pihak top manajemen Sears kemudian meminta setiap store manager-nya untuk peduli dengan kepuasan karyawannya; sebab faktor ini ternyata amat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan juga tingkat profit yang diperoleh tiap outlet-nya.


Segenap promosi dan reklame tentang gambar pelanggan yang tersenyum puas hanya akan HANYA menjadi sebuah PARODI manakala itu tak dibarengi dengan sebuah keseriusan untuk memberikan pelayanan yang sempurna kepada para “pelanggan didalam” – yakni barisan para karyawan.

Lalu bagaimana jika saya hanya mempunyai usaha kecil, 1, 2, 3, 4 karyawan atau di atasnya seperti pekerja Ukm dan usaha yang baru berkembang?

Benar, Sekarang karyawan anda adalah manusia maka manusiakan mereka.
Perhatikan hal kecil seperti menanyakan kabar dirinya dan keluarganya itu akan membantu sedikit membahagiakan mereka dan akan menambah dekat hubungan karyawan dengan atasan, mulailah dari hal kecil seperti perhatian , menambah fasilatas kecil-kecilan kalau keuangan usaha anda mampu maka jangan ragu untuk mulai memikirkan hal lebih, karena mereka bekerja dangan anda motif terbesarnya adalah uang. Namun harus di barengi dengan peningkatan skill karyawan dan andalah yang lebih tau akan karyawan anda?
Apakah kaywan anda sudah bahagia hari ini ?
Apakah anda sudah mempedulikan karyawan anda hari Ini?

Nah itulah,CS berbanding lurus dengan ES,  100 % Karyawan Puas, Pelanggan Puas!

Sumber pandukung :
Yodhia Antarikasa, Blog strategi management

Artikel Terkait

Previous
Next Post »